Cara Menghilangkan Bunyi Rem Belakang Sepeda Motor


tanggal post : 21 December 2015
Cara Menghilangkan Bunyi Rem Belakang Sepeda Motor

Hai BoBers, Pernah punya masalah dengan Kanvas Rem Belakang? Kalau jawabannya iya, BoBers sekalian harus baca artikel dari Mr. BoB yang satu ini  "Cara Menghilangkan Bunyi Rem Belakang Sepeda Motor". Setiap pengguna sepeda motor pasti pernah mengalami rem belakang bunyi saat pengereman. Khusus pengguna rem belakang tromol tentunya.

Rem belakang bunyi pada saat pengereman biasanya karena kanvas dan tromolnya basah. Sehabis kena air hujan atau disaat motor baru dicuci. selain penyebabnya karena basah, bisa juga disebabkan karena kanvas rem belakang tipis atau habis alias sudah harus ganti. Atau karena adanya debu atau kotoran yang menempel disekitar permukaan kanvas rem atau bisa juga karena terjadi keausan ditromol remnya.

Tapi kalau rem belakang bunyi walaupun kondisi tromol dan kanvas rem masih bagus, berarti BoBers sekalian harus mengikuti tips ringan berikut ini untuk mengatasinya. Siap BoBers? Let's Go!

Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Bersihkan kanvas rem maupun tromolnya secara periodik dua-tiga bulan sekali dengan menggunakan detergent atau sabun agar hasil pembersihan yang didapatkan maksimal. Hindari jangan sampai terkena bahan bakar oli, karena hal tersebut menyebabkan daya pengeremannya kurang, juga dapat menimbulkan bunyi pada saat pengereman.
  2. Pada saat pemasangan, perhatikan dudukan panel rem yang terdapat pada Swing Arm. Pastikan panel sudah terpasang dengan tepat dan erat, dan jangan sampai ada gerakan ke atas dan kebawah. Bila ada yang masih goyang, tambahkan bantalan/karet pada dudukan antara alur pada panel rem sampai tidak ada lagi goyangan/gerakan. Tujuannya untuk meredam getaran atau kontak langsung antara panel rem dengan logam Swing Arm, yang menyebabkan bunyi/resonansi yang ditimbulkan pada saat rem belakang difungsikan.


Demikianlah artikel "Cara Menghilangkan Bunyi Rem Belakang Sepeda Motor" ya BoBers, tunggu artikel lainnya dari Mr. BoB. Semoga bermanfaat.



Untuk pemesanan silahkan hubungi customer service kami :
PIN BB : 56FDEEDB
TELPON : 0823 12 633 633

 


Artikel Terkait

Viewer : 277 User: