Tips dan trik mengatasi motor mogok mendadak


tanggal post : 25 October 2015
Tips dan trik mengatasi motor mogok mendadak

dilelang.id Saat anda mengendarai motor adakalanya mesin sepeda motor mati tiba-tiba atau mogok. Kondisi ini tentu merepotkan, apalagi jika kita ada keperluan penting yang harus cepat tiba di lokasi. Mesin  motor mati mendadak sering juga kita menyebutkan mogok .penyebab nya mungkin bahan bakar kosong , tidak ada pengapian, dan tidak ada kompres.untuk Penyebab bensin habis sepertinya jarang dialami biasanya sudah antisipasi dengan mengisi terlebih dahulu tangki.

Disarankan jangan pernah ketinggalan alat alat perlengkapan motor seperti: Kunci pas 10,12,14 ,Kunci Busi , Kertas gosok atau amplas, Obeng dengan dua sisi yang berbeda (obeng + dan obeng -), Kain lap, Busi cadangan yang pastikan masih baik.

periksa instalasi atau saluran bahan bakar dari tangki ke mesin berupa selang-selang terbuat dari plastik dan karet.pastikan pada setiap selang tidak mampet atau erat,jika pada selang terdapat retak-retak pada selang bensin sebaiknya di ganti.

jika saluran bahan bakar ok ,periksa instalasi listrik aktifkan kunci kontak tes dengan menyalakan klakson atau lampu sein pastikan kelistrikannya berfungsi normal.jika tidak menyala mungkin tegangan aki (Accu)sudah lemah. jika listrik normal ok cek busi

Untuk kemungkinan penyebab busi, yakni tidak ada pengepian pastikan anda bisa melakukan cara sederhana yakni membuka busi pastikan jangan sampai percikan api menyambar bahan mudah terbakar. Jika ada gunakan busi lain untuk memastikan adanya pengapian atau percikan api pada busi. dalam pengecekan ini posisi kunci kontak harus “on” agar ada arus listrik.

 Tips-dan-trik-mengatasi-motor-mogok-mendadakUntuk memastikan adanya kompresi, kita harus penempelkan ibu jari kita pada permukaan lubang busi. Jika dirasa tekanannya cukup besar, berarti kompresi cukup baik. Untuk pengecekan ini pastikan bahwa kunci kontak dalam kondisi “off” agar tidak terjadi percikan api.

 Tips-dan-trik-mengatasi-motor-mogok-mendadak

jika tidak terlihat adanya bunga api pada busi Coba periksa sambungan-sambungan kabel dari koil ke busi,dari koil ke CDI atau kabel-lain yang terhubung  ke CDI.

Busi menyala dengan baik, namun motor juga tak mau hidup.Setelan/timing pengapian yang tidak cocok, namun ini jarang terjadi jika mogok secara tiba tiba masalah pada Karburator.Misalnya karburator kebanjiran, karburator kemasukan air, atau bensin yang bercampur dengan air sejak dari tangki.

jika bahan bakar tercampur air:Tutup kran bahan bakar dan kuras isi bensin pada karburator dengan cara mengendorkan baut buangannya dan buang sedikit bensin dari tangki dengan cara melepas slang yang menancap ke karburator.

nah apabila semua tips yang diatas sudah dilakukuan dan tidak bisa juga ya segera ke bengkel terdekat .

[URIS id=4234]


Artikel Terkait

Viewer : 98 User: