Terlalu Lama Memangku Laptop Ternyata Sangat Berbahaya, Tidak Percaya?


tanggal post : 26 June 2015
Terlalu Lama Memangku Laptop Ternyata Sangat Berbahaya, Tidak Percaya?

London BeliPulsa.id - Dengan alasan banyak pekerjaan, seringkali orang menggunakan laptop dengan cara dipangku. Padahal kebiasaan ini bisa merusak kulit lho.

 

 

log.viva.co.id

Ya, suhu laptop yang semakin meningkat seiring lamanya waktu penggunaan jika bersentuhan langsung dengan kulit dapat membuatnya ikut panas dan memerah. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi Toasted Skin Syndrome. Apa itu?

Secara klinis kondisi ini disebut juga sebagai Erythema Ab Igne. Pakar kesehatan kulit Dr Anuya Manerkar mendefinisikan hal ini sebagai kondisi di mana terjadi pigmentasi kasar pada kulit akibat kontak langsung yang terlalu lama dengan suhu panas, tanpa luka bakar.

 


 

"Yang berisiko mengalaminya adalah mereka yang menghabiskan waktu cukup lama untuk belajar, bekerja atau bermain game di laptop, tapi dengan cara dipangku di kaki atau paha," tutur dokter spesialis kulit, dr Shreyas Kamath.

Jika biasanya kondisi kulit ini lebih sering dialami oleh mereka yang kerap terpapar suhu panas seperti tukang besi atau koki, maka kini mereka yang 'gemar' memangku laptop juga berisiko tinggi mengalaminya.

Penyebabnya, paparan suhu tinggi pada kulit awalnya dapat menimbulkan kulit kemerahan, namun kemudian setelah beberapa lama bukan tak mungkin pigmentasi tak biasa pun terjadi. "Kemudian muncul bercak pigmentasi berupa bintik-bintik, yang kemudian menjadi eritema," jelas Manerkar.

Selain menimbulkan masalah pada kulit, khusus pria kebiasaan ini juga berisiko mengurangi produksi sperma lho.

Seperti dikutip dari Fox News, Jumat (26/6/2015), terpapar panas secara berlebihan seperti sering sauna, berendam air panas atau kebiasaan memangku laptop akan membuat testikel kepanasan dan mengurangi produksi sperma.

Oleh sebab itu, jika memang Anda perlu menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, maka sediakan meja khusus. Hindari kebiasaan memangku laptop secara langsung, apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Jika perubahan warna kulit masih terdeteksi dini dan ringan, maka ia akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika kemerahan terus-menerus muncul, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk kemudian diberi pengobatan yang tepat dan sesuai

BeliPulsa.id

Redaktur Reza Ananda


Artikel Terkait

Viewer : 640 User: