Menelusuri dan Pelajari Kerja Search Engine di Google


tanggal post : 13 August 2015
Menelusuri dan Pelajari Kerja Search Engine di Google

Isi pulsa.co.id - setiap hari bahkan setiap jam kita membuka internet. Dan bahkan, beribu-ribu bahkan berjuta - juta orang yang telah mengakses Internet dalam tempo wktu yang bersamaan. Ada yang senang download, cuma sekedar membaca berita, main Facebook dan Twitter, streaming Video di Youtube.

http://adf.ly/nDgrC
Dan biasanya ketika berselancar di dunia maya, untuk menemukan sesuatu artikel, baik berita, mp3, film, dsb yang belum kita ketahui URL (alamat situsnya) pasti kita menggunakan yang namanya Search Engine. Nah, salah satu Search Engine (Mesin Pencari) yang paling populer dikalangan orang Indonesia adalah Search Engine Google.
 
Google sampai saat ini masih dianggap sebagai Search Engine nomer satu, dan juga terfavorit dibanding kebanyakan search engine yang lain. Selain memiliki tampilan situs yang sangat sederhana, Google juga menyediakan hasil pencarian yang akurat. Sistem pengindeksan-nya yang otomatis membuat Google nyaris tanpa kompromi dan adil, artinya tanpa campur tangan manusia, semua situs dan blog entah besar dan kecil, pemain baru atau lama mendapatkan kesempatan yang nyaris sama. Bagaimana cara kerja google? Mungkin pertanyaan itulah yang akan terlintas dipikiran sobat, ketika takjub akan yang dilakukan search engine dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan orang.
 
Pasti kita semua sangat membuatuhkan Search Engine ini, dan pasti kita takjub sama cara kerja search engine atau mesin pencari ini, mengapa tidak, karena dengan beberapa detik saja pertanyaan yang kita tanyakan akan langsung dijawab lewat website-website yang disediakan. 
  
  
 
 
Keterangan:
 
Sebuah search engine memiliki komponen yang disebut sebagai spider (laba-laba) atau sering disebut juga dengan crawler. Elemen spider tersebut melakukan kunjungan atau mengakses ke situs-situs internet untuk membaca isinya dan mengikuti berbagai link yang ada dalam situs tersebut. 
 
  
 
 
Program Google tersebut menilai sebuah situs dengan berbagai cara. Pertama-tama mencari info utama dari sebuah tittle-tag, HTML tag, serta meta tag. Selain itu, juga menelusuri teks yang ada pada situs beserta link-nya. Tidak ketinggalan pula untuk memeriksa file robot.txt yang memuat informasi mana saja yang boleh diteruskan dan yang tidak. Dari hal ini maka aka ada direktori tertentu yang diabaikan pendataannya. Terutama pada file-file yang berisi informasi sensitif.
 
Tiap-tiap elemen yang ditemui oleh sang laba-laba akan direkam (record) dalam sebuah index. Mirip sebuah buku raksasa yang berisikan copy dari situs yang telah ditemukan. Apabila ditemukan perubahan pada situs, secara otomatis pula spider melakukan update. 
 
 
  
 
 
Akan ada kemungkinan bahwa informasi terbaru dalam situs internet tersebut tidak masuk dalam katalog index. Selanjutnya, aplikasi search engine yang bertugas memilah ribuan data yang terdapat dalam katalog. Bisa jadi informasi yang kita cari tersebut belum ditemukan oleh search engine.
 
Sewaktu mencari informasi menggunakan Google, Google akan mengabaikan beberapa kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, be, by, from, how, i, in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, dan with.
 
Dan mungkin ini cara kerja Search Engine Google secara garis besar. Dan mungkin akan lebih rumit lagi jika kita mempelajari bagaimana kerja search engine secara detail. 
 
Silakan kunjungi juga artikel blog lainnya klik disini
 
Download aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya 
 
Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
 
 

 
Redaktur Reza
 
 

Artikel Terkait

Viewer : 568 User: