Harta di Irak di Digitalisasi, Karna Takut Diserang ISIS


tanggal post : 05 August 2015
Harta di Irak di Digitalisasi, Karna Takut Diserang ISIS

Selain menyerang warga sipil, ISIS kerap menghancurkan warisan sejarah dan budaya, termasuk buku dan manuskrip penting. Kondisi tersebut membuat pemerintah Irak berniat mendigitalkan koleksi penting perpustakaan nasional (Perpusnas).
 
Kepala Departemen Microfilm Perpusnas Baghdad, Mazin Ibrahim Ismail, mengatakan proses digitalisasi dokumen tidak tersedia segera untuk umum. Melainkan untuk memastikan semua koleksi tersebut tetap bertahan dari segala ancaman di masa depan.
  
 
Saking pentingnya, warisan sejarah dan budaya tersebut kerap dianggap sebagai harta karun tak ternilai. Sehingga sangat layak untuk dijaga keberadaannya.
 
Total ada 400 ribu halaman yang akan didigitalkan. Saat ini Perpusnas Baghdad baru memulai uji coba proses digitalisasi. Mereka coba mengerjakan dokumen dari Kementerian Dalam Negeri era Faisal II yang memerintah dari 1939 hingga 1958. Selanjutnya akan coba mendigitalkan dokumen tua dari era Ottoman sekitar 200-250 tahun lalu. 
 
"Setelah selesai merestorasi dokumen tua dari era Ottoman. Kami akan mulai memotret mereka ke mikrofilm," ujar Ismail seperti dikutip, Rabu (5/8/2015).
 
Proses restorasi dokumen sendiri bukan perkara mudah. Apalagi bila usianya telah mencapai ratusan tahun, seperti dokumen dari Ottoman tadi. Dikatakan oleh Fatma Khudar, pegawai senior bagian restorasi, prosesnya memeperlukan penanganan khusus. 
 
"Kami melakukan penguapan menggunakan alat khusus unuk memisahkan halaman yang menempel.Terkadang kami menerapkan metode yang berbeda-beda pada setiap suatu halaman di sebuah buku," ujarnya.
 
 
Download aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya
 
Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
  



Redaktur Reza

Artikel Terkait

Viewer : 245 User: