self improvement

Self-Healing : Tanda tanda kamu sudah harus Self healing


tanggal post : 03 June 2022
Self-Healing : Tanda tanda kamu sudah harus Self healing

Sebab self healing dinilai bisa menyelesaikan segala kegundahan hati. Namun, perlu diketahui tanda-tanda saat kamu cukup melakukan self healing.  Apakah kamu pernah pernah merasa momen itu adalah titik terendah dalam hidupmu? Kalau kamu pernah  mengalami hal tersebut, kamu butuh waktu untuk dirimu sendiri atau apakah kamu perlu berkonsultasi ke psikolog dan/atau psikiater.

 

Apa itu Self Healing?

Self-healing adalah sebuah proses untuk penyembuhan luka batin yang mengganggu emosi. Sebagian orang tentunya mengalami masalah dan lelah secara emosional. Luka batin ini bisa terjadi dalam waktu yang lama dan berdampak pada kegiatan sehari-hari. Luka batin ini juga  bisa berupa kesedihan yang tidak berujung, merasa gagal, cemas terhadap sesuatu, hingga mengantarkan pada depresi. Manusia hidup berdampingan dengan alam semesta, tak terlepas dari adanya konflik.

Cara Cara Self Healing 

  • Meditasi dengan Teknik Grounding

Meditasi ini dapat kamu lakukan setiap pagi, sebelum memulai berbagai aktivitas harian.  Mulailah dengan meletakkan kaki dengan nyaman di lantai, ambil tiga tarikan nafas yang panjang, dan dengan setiap tarikan nafas tersebut.

Lepaskan energi negatif yang ada pada dirimu. Fokuskan pikiran dan perhatianmu hanya ke telapak kaki, dan bayangkan dirimu menyatu dengan bumi. Tarik nafas dalam tiga hitungan dan ulangi pola ini selama tiga kali. Buka mata ketika kamu sudah merasa lebih nyaman.

  • Melatih pernapasan

Biasanya kita merasakan rasa sakit dari luka batin secara tiba-tiba, terkadang bisa membuat kita merasa tidak nyaman untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Nah, untuk mengatasi rasa gak nyaman ini, kamu bisa berlatih pernapasan. Sebelum memaksakan dirimu untuk tetap produktif, luangkan waktu 5-10 menit untuk menenangkan dirimu dulu. Carilah posisi yang nyaman, kamu bisa melakukannya sambil duduk atau berbaring. Tarik napas dalam enam hitungan dan buang kembali dalam enam hitungan.

Kalau kamu sudah merasa sedikit lebih tenang, kamu bisa mengubah pola pernapasan dengan menarik napas melalui hidung, dan bayangkan udara bersih memenuhi dirimu kemudian hembuskan udara tersebut melalui mulut. Ulangi pola ini sampai kamu bisa merasa jauh lebih tenang dan mampu untuk melanjutkan kegiatanmu

  • Tuliskan apa yang kamu rasakan dan pikirkan

Bagi sebagian orang menuliskan apa yang dirasakan mampu membuatnya merasa lebih tenang. Kalau pikiran kita biarkan penuh dengan berbagai hal, tentu akan membuat kita kesulitan dalam memahami apa yang sebenarnya kita rasakan. Dengan menulis, kita dapat meningkatkan kesadaran dan membantu kita lebih memahami permasalahan yang kita alami. Kamu dapat membiasakan dirimu untuk menulis diary atau jurnal dan luangkan waktu mulai 15 - 20 menit sehari untuk membantumu lebih mengenali perasaan dan pikiranmu sendiri. Ingat lagi, kalau self-healing ini merupakan perjalanan dalam hidupmu, mungkin kamu sudah berhasil menyembuhkan luka yang lama, tapi kalau tiba-tiba kamu bertemu lagi dengan luka yang baru. Situasi ini yang akan membuatmu terus berproses untuk menyembuhkan diri sendiri. Ada kalanya luka yang kamu rasakan terlalu dalam dan terlalu sulit untuk kamu sembuhkan sendiri, ini wajar kamu alami dan gak masalah kalau merasa butuh bantuan dari orang lain atau tenaga profesional. Kamu bisa melakukan konseling bersama psikolog Satu Persen. 


Artikel Terkait

Viewer : 40 User: