Batu Mulia

Cara Menjaga Batu Akik Agar Selalu Mengilap


tanggal post : 07 November 2015
Cara Menjaga Batu Akik Agar Selalu Mengilap

Melakukan perawatan batu akik yang baik dan tepat, koleksi batu akik tentu akan semakin tampak indah dan berkilau. Memiliki koleksi beberapa batu cincin, tentu bukan hanya  sekedar bagaimana kita memakainya. Karena keindahan kilap batu cincin, selain dari bahan dasarnya, sangat bergantung dengan cara merawat batu akik tersebut.

Hal-hal yang membuat keindahan batu akik memudar :

  •  seperti terpapar sinar matahari 
  • terkontaminasi debu,
  • mengalami gesekan dengan berbagai benda keras lainnya, yang akan membuat batu cincin yang digunakan bisa mengalami perubahan warna atau mengalami bekas goresan.

untuk itu, agar batu cincin yang kita gunakan selalu tampak indah dan cepat tua, maka merawat batu akik atau membersihkannya  harus kita lakukan secara rutin. Agar seiring waktu batu cincin kita selalu tampak terawat, siapa tahu, batu cincin kita menjadi barang mahal karena kelangkaannya.

batu akik kilau

Berikut ini Mr.BoB berbagi cara merawat batu akik yang baik dan benar :

pertama, Ada beberapa jenis batu akik yang tidak tahan dengan suhu panas, sehingga jika  kurang paham terhadap karakter batu cincin, sebaiknya hindari dari paparan sinar matahari yang terlalu lama, karena hal ini bisa menyebabkan perubahan warna pada batu akik.

kedua, Jika batu akik memiliki tingkat kekerasan yang rendah, sebaiknya hindari mencucinya dengan air panas. Beberapa jenis batu akik memang perlu di rawat dengan air hangat, tetapi tetap memperhatikan jenis dan karakter batu akik.

ketiga, Untuk membersihkan batu akik, gunakan air sabun yang tidak keras, hindari penggunaan cairan pemutih atau berbahan kimia keras dan panas.

keempat, Gunakan lap lembut untuk menggosok batu akik dan lakukan dengan gerakan lembut dan perlahan. Untuk menjangkau bagian yang lebih sempit, gunakan bulu sikat gigi yang lembut. Kemudian keringkan dengan cara mengangin anginkannya.

Rawatlah apa yang anda miliki dengan baik. semoga bermanfaat [TT/AKM]


Artikel Terkait

Viewer : 186 User: