Self Improvement

Mulai mengenal diri sendiri dan Self Love


tanggal post : 23 May 2022
Mulai mengenal diri sendiri dan Self Love

Apakah kamu sudah mengenali dirimu dengan baik? Tak jarang seseorang justru merasa asing dengan dirinya sendiri. Mereka seolah-olah manusia yang kosong hidup dalam bayang-bayang orang lain tanpa mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan. Kejadian semacam ini mungkin kerap terjadi karena tuntutan orang tua, tekanan lingkungan sosial, atau desakan privilege seseorang yang tidak bisa melakukan atau mengekspresikan dirinya sendiri. Hal ini akan memudahkan seseorang untuk terjebak dalam kebingungan dan keterpurukan. Situasi semacam ini akan membuat seseorang kurang mencintai dirinya karena terus merasa kurang dihadapan orang lain. Padahal dalam setiap diri seseorang sudah pasti tersemat potensi dan keistimewaan. Manusia itu adalah makhluk yang otentik. Namun tidak semua orang menyadarinya dan terus mengikuti persepsi orang lain bahwa yang baik itu seperti ini, yang seharusnya itu seperti itu, dan sebagainya. Di Tengah desakan mental itu, mulai mengenal sendiri adalah langkah bijak yang bisa dilakukan. Mengenal diri sendiri artinya berusaha memahami diri dari segala sesuatu yang dimiliki oleh dirinya sendiri, baik itu kelebihan atau kekurangan. Mengenal diri sendiri juga menyinkronkan keinginan dan realita agar kita lebih menerima diri kita dalam kondisi apapun. Orang yang berhasil mengenali dirinya secara tidak langsung pasti mencintai dirinya sendiri karena mereka mengetahui potensi dan keinginannya sendiri.

Apa itu Self Love?

Self love atau mencintai diri sendiri merupakan kesadaran seseorang untuk lebih memprioritaskan diri sendiri dan berhenti sesaat dari menilai diri sendiri dengan orang lain. Self love bukan berarti egois hanya memikirkan diri sendiri, hanya mengikuti kehendak atau mengikuti kesenangan sendiri, namun memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Dengan cara self love seseorang akan lebih sehat secara mental karena mental yang bermasalh banyak disebabkan oleh diri sendiri yang kurang kuat menghadapi kesulitan dan masalah.

Cara Mencintai Diri Sendiri

Self love bisa dilakukan dengan diri sendiri atau dengan bantuan orang lain seperti psikolog atau psikiater. Jika belum ingin ke psikolog atau psikiater kita bisa melakukannya dengan diri sendiri. Berikut cara-cara melakukan self love yang dilakukan dengan diri sendiri.

1. Menjaga diri sendiri

2. Belajar untuk bersyukur

3. Yakin terhadap setiap keputusan

4. Menjauhi pertemanan dan lingkungan toxic

5. Mencari kebahagian untuk diri sendiri

6. Ekspresikan diri sendiri

7. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

8. Percaya pada diri sendiri

9. Melakukan Langkah Kecil

10. Bersikap Konsisten

11. Rayakan Kesuksesan Sekecil Apapun

12. Berpikir Positif

 


Artikel Terkait

Viewer : 40 User: