Kesehatan, Informasi, Tips

Tips Agar Tidur Cepat


tanggal post : 06 December 2021
Tips Agar Tidur Cepat

Hari ini, kamu sudah memutuskan untuk tidur dengan cepat. Sudah berbaring, sudah mematikan lampu, tapi rasa kantuk tak kunjung mendera.
Wah, alamat bakal bergadang lagi…

Eits, nggak perlu khawatir. Cukup lakukan langkah-langkah ini.

1. Turunkan Suhu dan Lampu Ruangan

Suhu tubuh akan berubah semakin menghangat ketika kamu tidur. Kamar dengan suhu yang panas, tentunya akan membuatmu nggak nyaman. Belum lagi, lampu ruangan yang terlalu terang justru malah membuatmu semakin silau.
Karena itu, turunkan suhu ruanganmu dan redupkan lampumu.
Kalau di kamamu nggak ada AC atau kipas angin, dan kamu takut gelap. Kamu bisa mengakali dengan mandi sebelum tidur dan menyalakan lampu tidur yang nggak terlalu terang.

2. Berlatih Meditasi dan Yoga

Berdasarkan riset, meditasi dan yoga sangat membantu untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Tubuh dan pikiran yang nyaman akan meningkatkan kualitas tidur. Gerakan yoga membantumu untuk melepas stress, begitu pun meditasi yang ikut membantu untuk mengatur pernapasan. Lakukan keduanya, maka kamu akan mendapatkan tidur paling nyaman.

3. Jangan  Konsumsi Kafein Sebelum Tidur

Kafein bermanfaat sebagai stimulant yang membuatmu tetap terjaga dan semangat untuk beraktivitas. Kafein bekerja dengan menghambat adenosin (senyawa tubuh yang membuatmu mengantuk), serta meningkatkan hormon epinerfin, yang membantu merangsang tubuh dan otak untuk meningkatkan kewaspadaan. 
Nah, kalau kamu mengkonsumsi kafein sebelum tidur, jelas saja kamu nggak akan bisa tidur.

4. Jauhkan Perangkat Elektronik

“Duh, nggak bisa tidur. Lihat twitter dulu deh…”

4 jam kemudian

“Lho, heh! Kok udah jam segini?!”

Ngaku deh, kalian pasti pernah kejadian kayak gini.
Scrolling media sosial, bermain games, hingga sekedar browsing dan nonton video. Hal-hal itu nggak akan membantu kalian cepat tidur, justru sebaliknya, malah membuat kalian semakin terjaga. Karena itu, sebaiknya kamu jauhkan ponselmu dari jangkauan.

5. Menggunakan Aromatherapy dan Musik Relaksasi

Aromatherapy dan music relaksasi sangat membantu untuk memberikan rasa nyaman dan tenang. Aroma lavender ditambah musik yang mengalun lembut, hmm… membayangkannya saja sudah membuat mengantuk.

Source:

10 Cara Sederhana Agar Tertidur dengan Cepat (cnnindonesia.com)


Artikel Terkait

Viewer : 37 User: