gempa bumi, bencana, koper softcase

Waspada ketika gempa bumi datang melanda


Waspada ketika gempa bumi datang melanda

Baru – baru ini kota Mataram diguncang gempa bumi susulan dengan kekuatan 6,2 skala richter (SR) pada Kamis 9 Agustus 2018. Akibat gempa ini, total korban meninggal dunia sebanyak sebelas orang menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram.

Gempa juga mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bali pada hari Minggu, 29 Agustus 2018 dan menyebabkan setidaknya 16 orang meninggal dunia dan lebih dari 160 lainnya luka-luka. Sering kali korban gempa ditemukan di bawah puing-puing reruntuhan rumah ataupun tempat bekerja dan tertimbun longsor.

Indonesia termasuk dalam wilayah rawan gempa. Bahkan Indonesia dikenal dengan istilah Ring of fire, hal ini karena Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia meliputi lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik. Maka penduduk Indonesia harus waspada akan gempa, yakni dengan mengetahui informasi seputar gempa, serta antisipasi/sebelum dan setelah terjadinya gempa bumi.

Berikut informasi sebagai mana yang dilansir oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB):

Sebelum terjadi gempa bumi

  1. Mengenali apa yang disebut gempa bumi.

Pastikan bahwa struktur dan letak rumah anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi (longsor, liquefaction dll).

  1. Kenali Lingkungan Tempat Anda Bekerja.

Perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.

  1. Persiapan Rutin pada tempat Anda bekerja dan tinggal.

Perabotan (lemari, cabinet, dll) diatur menempel pada dinding (dipaku, diikat, dll) untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa bumi.

  1. Penyebab celaka yang paling banyak pada saat gempa bumi adalah akibat kejatuhan material. Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah.
     

Saat Terjadi Gempa Bumi

  1. Jika Anda berada di dalam bangunan, Lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dll. Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan. Lari ke luar gedung apabila masih dapat dilakukan.
  2. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka, Menghindari dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon, dll. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.
  3. Jika Anda sedang mengendarai mobil, keluar dan menjauhlah dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.
  4. Jika Anda tinggal atau berada di pantai, Jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.
  5. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan, apabila terjadi gempa bumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsor.

Saat terjadi gempa berkas penting sering kali sulit untuk diselamatkan. Simpan berkas penting anda mengantisipasi terjadinya gempa. Tentu kita membutuhkan suatu tempat khusus untuk menyimpan semua berkas penting kedalam satu wadah, sehingga ketika kita dalam keadaan darurat kita dengan mudah membawa berkas tersebut dalam sekali angkut.

Disini, danmogot.com memiliki sebuah produk yang dapat anda jadikan tempat menyimpan berkas ataupun barang berharga anda. Tas koper berbahan kain yang bisa menampung beban hingga 10 kg, memiliki roda yang dapat didorong kearah depan, belakang, kiri, dan kanan.

Jika anda tertarik untuk melihat dan membeli produk ini, anda bisa langsung kunjungi website kami www.danmogot.com

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CSO kami: 0822 99 777 633 / 0822 111 23 633

Bisa juga langsung datang ke kantor pusat danmogot.com di Jl. Alfalah Gedung Concept.id no 19, Suka subur, Simpang STM, Medan.

Kami akan melayani pembelian offline ataupun online secara baik.

 


Artikel Terkait

Viewer : 48