WordPress, Plugin, Website

Ramaikan Fitur WordPress Kamu Dengan Berbagai Plugin


Ramaikan Fitur WordPress Kamu Dengan Berbagai Plugin

Para penikmat media online, kesehariannya pasti  nggak pernah absen sekalipun dari aktivitas pegang gadget, menghirup signal-signal internet dengan browsing sesuatu di search engine langganan atau sekedar stalking social media mantan dan gebetan. Kamu pasti udah familiar banget kan dengan istilah WordPress? Just to recall your memory, WordPress merupakan sebuah software ataupun script yang bisa diinstall di server atau juga hosting untuk membuat website, termasuk juga blog. WordPress juga merupakan salah satu CMS (content management system) yang sering digunakan oleh pemula dan bahkan oleh yang sudah mahir dalam pembuatan website.

Bagi kamu yang sudah lama ‘bermain-main’ di internet dengan blog/website serta media online lainnya, pasti udah tau dong kalau di dalam WordPress kita bisa menginstall fungsi Plugin yang keren untuk website yang kita miliki. Nah, Plugin itu semacam program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Kalau mengikuti istilah dan sistem WordPress, Plugin didefinisikan sebagai program aplikasi tambahan yang bisa diintegrasikan dengan sistem WordPress dan berisi fungsi script dalam bahasa PHP. Plugin mampu memperluas fungsi dan kegunaan atau menambahkan fitur baru untuk situs WordPress, sehingga WordPress dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Baca juga  : Kumpulan Plugin Wajib WordPress  2018

Seperti hape android yang nggak bisa lepas dari Playstore, Plugin penting banget bagi WordPress, karena hal-hal yang WordPress butuhkan untuk memperluas kegunaan dan kemampuan website, diberikan oleh fungsi Plugin. Contohnya saja, kamu ingin membangun website e-commerce/toko onlline di WordPress, maka kamu perlu memasang plugin seperti plugin WooCommerce atau WP ecommerce yang memiliki fungsi dan fitur untuk toko online. Dan setiap Plugin WordPress yang sudah kamu install di website, akan tersimpan di database WordPress, dan kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan kapan pun kamu mau. Berikut 3 plugin Wordpress yang Recommended banget buat situs pribadimu;

1. WooCommerce

WooCommerce merupakan salah satu Plugin terpopuler bagi para pengguna situs e-commerce. Hal ini karena WooCommerce memberikan kemudahan akses situs untuk melakukan penjualan secara digital kepada pelanggan di seluruh dunia. Selain itu, Plugin WooCommerce mempunyai struktur yang mudah digunakan oleh para developer atau pengembang Website, mampu berintegrasi dengan berbagai ekstensi dan plugin lainnya, dan yang terpenting, mudah di-setup ataupun diinstall.

 

2. Yeost SEO

Untuk Optimasi SEO? Plugin ini punya caranya. Dikarenakan cakupan SEO yang terkadang berubah-ubah, Yoast SEO dirancang untuk membantu menerbitkan konten menarik yang mampu dioptimalkan di mesin pencarian. Sistem dari Plugin Yeost SEO memungkinkan para pengunjung situs untuk membaca dan menilai kualitas post beserta konten yang ditampilkan di mesin pencari. Yeost SEO memiliki versi premium yang dibandrol mulai dari $69, tapi kamu tetap bisa mendapatkan plugin keren ini secara gratis. Keunggulan lainnya, Plugin Yeost SEO mampu memberikan fungsi untuk menganalisa halaman WordPress serta mengidentifikasi kelemahan SEO, memperbaharui halaman hasil analisis pada saat perubahan SEO yang sesuai yang telah di adjust serta membuat XML Sitemap & breadcrumbs pada tema WordPress yang Kompatibel. Pokoknya Yeost SEO ini recommended banget untuk pengguna situs yang ingin membuat konten mereka tampil di halaman pertama mesin pencari terpopuler.

3. W3 Total Cache

Sebel banget kan kalau bertemu dengan website yang responnya lelet banget? Atau kamu merupakan si pemilik website yang lelet itu? Segera deh install Plugin W3 Total Cache, karena Plugin ini akan menyimpan versi halaman situs kamu di komputer para pengunjung web kamu ayng akan membuat situs kamu loading lebih cepat saat mereka kembali membuka atau mengakses situs kamu. Plugin ini ampuh banget deh untuk meningkatkan kecepatan browser, serta sangat kompatibel dengan berbagai fitur  dan server hosting.

Cara untuk mendapatkan Plugin gampang banget, ada banyak Plugin yang disa kamu download free, dari direktori resmi WordPress, atau dari berbagai pengembang WordPress lainnya. kamu juga perlu browsing dulu lah sebentar untuk mencari tahu Kumpulan Plugin Wajib WordPress  2018 untuk website kamu. Selain memberikan fungsi dan fitur spesifik, penambahan Plugin juga dilakukan untuk optimasi SEO agar WordPress menjadi lebih powerfull dan siap bersaing di mesin pencarian.

Walaupun sebagian besar Plugin bisa didapat secara gratis, kamu perlu tau bahwa Plugin biasanya tidak disetting dengan dukungan teknis. Jadi kamu perlu berhati-hati dalam memilih Plugin yang akan diinstall di situs kamu. Untuk memilih yang tepat, kamu harus make sure bahwa Plugin yang akan kamu pilih dapat diupdate dan berkelanjutan, kompatibel dengan versi terbaru WordPress, perhatikan rating dari Plugin tersebut, serta pertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan utama kamu memasang Plugin, apakah akan benar-benar sesuai dengan fungsi yang kamu inginkan.


Artikel Terkait

Viewer : 103