Perawatan Rantai Mini Trail

Cara Benar Merawat Rantai Mini Motor Trail


tanggal post : 18 August 2017
Cara Benar Merawat Rantai Mini Motor Trail

Salah satu komponen penting dalam Mini Trail favorit Anda adalah rantainya. Bayangkan jika rantai Mini Trail Anda tidak terjaga kebersihannya atau karatan. Tingkat ketegangan karat pada motor akan sangat mempengaruhi performa laju motor anda saat dikendarai. Anda tidak menginginkannya saat Anda sedang sibuk berlomba atau berpetualangan di alam liar tiba-tiba harus ditunda/tidak jadi karena rantainya putus atau keluar dari gigi tarik.

Karena fungsinya sangat vital dan harganya relatif mahal, sehingga rantai tersebut perlu diobati atau diperbaiki dengan benar, agar lebih awet. Apalagi harga rantainya tergolong cukup mahal, ‘jadi saat kita harus menggantinya’ mau tak mau harus mengeluarkan biaya lebih dalam lagi dari dompet anda.

Salah satu perawatan yang harus rutin dilakukan adalah melumasi rantai minimal 1 seminggu. Jangan lupa untuk selalu melumasi rantai tempur Anda sebelum dan sesudah digunakan, jangan menyesal melihat karat sudah membungkus rantai sepeda motor Anda. Berikut ini beberapa tips sederhana untuk melakukan pelumasan pada rantai sehingga anda bisa melakukannya dengan cepat dan benar:

  • Bagi anda yang memiliki cagak dua mini trail cukup memakai cagak duanya, tetapi jika tidak memiliki cagak dua anda bisa menggunakan besi untuk mengganjal mesin supaya ban belakang terangkat dan bisa berputar pada saat dinyalakan .
  • Bersihkan terlebih dahulu rantai dari tanah atau pasir yang menempel pada rantai anda.
  • Siapkan pelumas rantai khusus “Jangan gunakan oli mesin bekas”, karena jika menggunakan yang bekas pelumasan yang dihasilkan tidak akan optimal dan hanya bersifat sementara.
  • Putar roda belakang dengan lembut, lalu semprotkan pelumas rantai dari sisi rantai bagian dalam, yang berada di bawah lengan. Jika Anda menyemprotnya dari sisi luar, maka penetrasi cairan ke dalam rantai kurang maksimal.
  • Putar roda belakang 2 atau 3 kali, sambil terus menyemprot rantai dengan pelumas.

Setelah itu jangan lupa cek pada tingkat kerutan. Jika rantainya terlalu longgar maka tarikan tidak akan maksimal dan motor terasa berat saat di gas. Tapi jika rantainya terlalu ketat, maka kemungkinan jeda rantai saat menggunakan jejak menjadi lebih besar. Gunakan rumus tiga jari. Pastikan jarak rantai dan lengan motor bawah Anda adalah tiga jari, yang merupakan perkiraan paling mudah dari panjang rantai. Merawat sepeda memang membutuhkan dedikasi dan waktu, Anda tidak akan menyesal telah menginvestasikan waktumu, saat berpacu di lintasan. Untuk itu anda cukup memperhatikan mini trail anda dan merawatnya minimal satu kali dalam seminggu.

Jika Rantai mini trail anda sudah rusak atau putus dan tidak bisa diperbaiki lagi, anda dapat membelinya di toko Danmogot.com karena perusahaan ini menjual berbagai peralatan mini trail atau sparepart, yang berralamat kantor di Jl. Lapangan Golf Komp.CBD Polonia Blok DD No.48-51A Medan. Untuk sekedar bertanya ketersediaan sparepart anda bisa hub: 0822 99 777 633/0823 12 633 633


Artikel Terkait

Viewer : 1064 User: