Tips Mengendarai Motor Trail Offroad


tanggal post : 03 September 2015
Tips Mengendarai Motor Trail Offroad

Sebelum Anda memulai petualangan dengan motor trail, ada baiknya Anda memperhatikan ketentuan bagaimana mengendari motor trail dengan benar. Beberapa hal yang paling penting akan diulas pada kesempatan kali ini. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan mengendari motor trail offroad.

1. Keterampilan Bermotor

Menunggangi motor trail berbeda dengan motor biasa, apalagi jika andan melintasi medan-medan sulit. Anda butuh keterampilan menguasai motor trail anda agar stabil dan mampu menaklukan medan off road. Skill yang pas-pasan hanya akan membahayakan penunggangnya.

Salah satunya yang harus diperhatikan ketika akan mengendarai motor trail adalah tinggi badan harus sesuai dengan motornya. Pengendara yang memiliki tinggi lebih dari 175 cm dianjurkan menggunakan motor dengan cc besar agar kaki dan tangan leluasa bergerak. Sementara itu, pengendara yang memiliki tinggi badan di bawah 175 cm sebaiknya memilik motor trail dengan cc sedang. Hal terpenting lainnya adalah anda harus mempelajari medan yang akan dilewati, Pelajari dengan baik.

2. Kondisi Sepeda Motor

Syarat utama touring di medan off road adalah kondisi motor trail Anda harus prima. Sebelum mulai touring periksa terlebih dahulu spare part motor Anda, seperti tekanan angin pada kedua ban, periksa oli mesin, jika sudah kotor sebaiknya ganti dengan oli baru. Periksa kondisi busi. Tak lupa juga priksa kondisi kedua suspensi motor, pastikan tetap balance.

3. Kesehatan Rider

Jangan memaksa touring jika kondisi badan kurang fit. Tak nyaman ketika touring dengan kondisi badan sakit, bahkan nanti bisa jadi di tengah jalan justru lebih parah sakitnya. Jadi jauh-jauh hari sebelum touring dengan motor trail, jaga kesehatan Anda dengan cara olahraga teratur, konsumsi makanan bergizi dan di-backup dengan suplemen vitamin. Ada baiknya sebelum jalan, melakukan warming up, peregangan otot –otot, seperti tangan dan kaki agar terhindar dari kram.

4. Spare Part Cadangan

Asal tahu saja di hutan tak ada bengkel, jadi agar nyaman saat touring, bawalah spare part cadangan seperti busi, lampu, perkakas ringan, dan buku panduan. Agar jika terjadi sesuatu pada motor trail, Anda bisa langsung memperbaikinya.

5. Safety First - Keamanan yang paling utama

Olahraga motor trail adventure ini memiliki tingkat risiko tinggi. Kalau lengah pasti bahaya mengancam sewaktu-waktu. Namun, risiko bisa diminimalkan jika pengendara memakai perlengkapan pengaman, seperti helm full face, sarung tangan, vest pelindung dada, decker pelindung lutut, dan pelindung sikut atau elbow protector.

Related Search : motor, motor trill, motor offroad, motor treal, motor traill, motor treil, motor trael, motor super moto, motor terail


Artikel Terkait

Viewer : 240 User: