Ulasan Ban

Mengenal Ban Basah dan Kering Balap Motor Gp dan Superbike


tanggal post : 04 December 2015
Mengenal Ban Basah dan Kering  Balap Motor Gp dan Superbike

Dalam Balap Motor Gp Ada 2 tipe ban yang digunakan yakni Slick atau ban kering dan Semi Slick atau ban basah. Ban yang digunakan untuk balapan MotoGP jika dalam kondisi lintasan kering adalah ban tipe Slick yang dibagi dengan 3 jenis yaitu Kompon keras(High), sedang(Medium) atau Lembut(Soft).

slick tyres
Gambar : Ban Slick atau ban Kering

Dari ketiga ban jenis Slick itu mempunyai fungsi tersendiri, tergantung dengan cuaca, suhu aspal pada lintasan atau trek serta tergantung kemauan sang pembalap. Ban Slick khusus digunakan pada saat lintasan atau trek itu dalam keadaan kering bukan dalam keadaan lintasan basah akibat hujan. Tetapi jika hujan tidak begitu deras dan kemudian kering penggunaan ban slick akan kembali menjadi efektif.

Sebaliknya juga begitu dengan ban Semi Slick atau ban basah. Ban basah ini dibuat untuk menciptakan panas di kala lintasan terkena guyuran hujan. Jika lintasan mengering, ban cenderung overheat atau meleleh karena kompon ban basah ini sangat berbeda dengan ban lainnya.

ban semi slick atau ban basah
Gambar Ban Semi slick/basah

Foto ini diambil oleh ScotJones jurnalis Motomatter, doi mengabadikan foto close up ban basah yang digunakan para pembalap Motogp saat race Austin 2015. Memiliki pattern cukup unik. Perhatikan alur tengahnya banyak banget ya Bobers.

mini motor 2 takMotogp adalah motor terkencang dalam race resmi. Karena itu pada saat hujan deras dibutuhkan ban mumpuni untuk membelah air supaya traksi tetap terkontrol baik ketika hard braking serta cornering. Dan Bridgestone selama ini cukup sukses melakukannya. Memiliki pattern dengan kominasi vertikal serta melengkung horizontal dan ternyata pattern tengah juga muncul pada ban belakang

tidak seperti ban motor harian, center pattern berlapis-lapis baik depan hingga belakang. Jika dihitung terdapat 3 layer vertikal pada center ban. Jepretan ini bisa menjadi bukti betapa balap roda dua terkencang sejagad ini memang selalu memberikan hal mengejutkan khususnya sisi komponen pendukung. [OTO/AKM]


Artikel Terkait

Viewer : 384 User: