Cara Baru, Memadamkan Api Hanya Dengan Suara Bass


tanggal post : 31 October 2015
Cara Baru, Memadamkan Api Hanya Dengan Suara Bass

Indonesia saat ini hampir wilayahnya sedang dilanda kebakaran hutan. Penyebabnya karena faktor alami atau lebih parahlagi pembakaran oleh tangan manusia. Akibat dari pembakaran hutan itu, asap menutupi berbagai kota diseluruh Indonesia yang berdampak pada kesehatan masyarakat, terbatasnya aktifitas luar ruangan.Dari keprihatinan kondisi Indonesia saat ini, Mr.Bob ingin berbagi tips memadamkan api.

kebakaran hutan

Seperti yang kita ketahui, banyak cara yang bisa kita lakukan agar kebakaran api bisa padam. Cara yang sering dilakukan dibawah ini :

  1. Menggunakan air yang dicampur sabun
  2. Menggunakan tanah atau pasir yang ditaburkan di kobaran api
  3. Menggunakan tabung pemadam kebakaran yang berisi busa atau karbondioksida.

Nah, kali ini mr.Bob nemuin cara memadamkan api yang unik, namun cukup efektif. Simak video dibawah ini : 

Cara memadamkan api kali ini hanya menggunakan suara Bass yang keluar dari alat musik drum. Drum bass ini mengeluarkan gelombang suara yang dapat mematikan api tanpa harus menggunakan air maupun pasir. 8 bulan yang lalu mahasiswa jurusan teknik elektro dari  George Mason University berhasil menemukan alat pemadam sederhana yang dapat memadamkan api hanya dengan frekuensi suara bass. 

Ada 3 sebab yang apabila semuanya terpenuhi maka api/ kebakaran akan terjadi. Ketiga sebab tersebut biasa disebut segitiga api. Ketiga sebab tersebut adalah adanya sumber api/pemantik api, adanya bahan yang bisa terbakar, dan adanya oksigen. Kebakaran atau api tidak akan terjadi apabila salah satu dari 3 sebab tersebut tidak ada. Oleh karena itu semua sistem pemadaman api dilakukan dengan cara memutus salah satu dari 3 sumber tersebut. 

Alat pemadam istimewa itu bekerja dalam kiraan gelombang suara 30 hingga 60 hertz, dengan gelombang suara itu, pemadam akan efektif mencekik api agar berhenti berkobar. Sejauh ini Robertson dan Tran hanya menggunakan tingkat alkohol pemadam api yang rendah untuk uji coba alat tersebut, namun pemadam kebakaran lokal telah menawarkan pengujian untuk memadamkan api yang lebih besar.

yang terpenting adalah, kita sebagai umat manusia harus bisa menjaga alam yang kita tinggali ini dari kebakaran. [NEWS/AKM]


Artikel Terkait

Viewer : 394 User: