Cara Pemasangan Sarung Jok Yang Umum Digunakan Mobil


tanggal post : 23 October 2015
Cara Pemasangan Sarung Jok Yang Umum Digunakan Mobil

Cara pasang sarung jok - Sarung jok mobil menjadi kebutuhan utama bagi pemilik mobil baru. Selain kaca film dan  karet dasar, sarung jok juga menjadi daya tarik orang yang akan memilih mobil mana yang akan jadi tungangannya. ada beberapa jenis sarung jok yang beredar di masyarakat. antara lain : 

Sarung Jok Biasa
Sarung ini jenis yang langsung anda masukkan ke jok mobil. Ukuran, bahan dan jahitan yang akan mempengaruhi bagus tidaknya hasil jok yang akan dipasangi sarung jok. Harga bervariasi sesuai dengan bahan kulit.

  • Yang murah berkisar 400 ribu hingga 600 ribu, bahannya panas, tidak bisa kencang alias kendor karena bahan yang digunakan mudah koyak sehingga memang didesain agak molor untuk memudahkan pemasangannya.
  • Yang sedang bisa sekitar satu jutaan, bahan tidak mudah koyak karena bahan elastis bisa anda tarik talinya sehingga jok terkesan rapi. Namun bahan yang terkesan kasar/ keras sehingga agak panas jika anda berlama - lama di mobil.
  • Yang bagusan bisa sekitar 1,5 Juta Bahan dingin, elastis dan biasanya tidak sepenuhnya  menggunakan tali. Sudah menggunakan perekat jadi jok lebih terkesan rapi walau anda tidak mengkat tali dengan erat.

Tetapi Tidak semua mobil bisa menggunakan sarung jok. Apabila jok mobil  agak melengkung/ banyak ditutupi dengan casing misalnya honda freed. Pemasangan sarung jok malah membuat jok tidak rapi, bagian tengah terkesan kosong karena jok yang melengkung itu. Selain itu  karena tidak diikat dengan permanen, paling 2 sampai 3 tahun jok akan kendor/ molor, bisa karena jok mulai kempes sebingga sarung jok bergeser ke samping.

Sarung Semi Press
Hampir sama dengan sarung jok, hanya saja pengikatnya bukan menggunakan tali, melainkan kawat sehingga dijamin tidak bergeser. Harga bisa mencapai 2 jutaan. Sering terlihat pada mobil bawaan pabrik, seperti innova, ertiga, pajero, avanza.

Sarung Jok Paten
Sarung jok akan diaplikasikan dan langsung dijahit beserta jok mobilnya sehingga tidak akan bergeser sama sekali. Harga bisa mencapai 2,5 juta hingga 3 jutaan, bahkan beberapa pabrikan memberikan bonus berupa bungkus door trim bagi yang masih berbahan kain seperti kijang kapsul.[AKM/OTO]


Artikel Terkait

Viewer : 809 User: