Cara Melilit Gulungan Kawat Dinamo Tamiya


tanggal post : 12 September 2015
Cara Melilit Gulungan Kawat Dinamo Tamiya

Gulungan atau lilitan pada mesin tamiya memiliki ukuran kawat yang berfariasi, ukuran kawat mesin tamiya berpengaruh pada arus listrik yang mengalir pada lilitan atau gulungan mesin tamiya tersebut. Secara teori semakin besar kawat yang digunakan untuk membuat lilitan atau gulungan mesin tamiya maka semakin besar pula kemampuan kawat mesin tamiya tersebut dalam mengalirkan arus listrik.

Ukuran Kawat Mesin Tamiya

gulungan tembagagulungan tembaga

Ukuran diameter kawat mesin tamiya yang sering digunakan pada mesin tamiya berkisar dari 0,3mm sampai 1mm. Ukuran kawat mesin tamiya yang digunakan memiliki konsekuensi terhadap jumlah lilitan yang dapat dimasukan dalam angkur mesin tamiya tersebut. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan jumalh lilitan yang ingin dibuat sebelum memilih ukuran kawat mesin tamiya yang akan digunakan. Sebagai contoh angkur normal merk HJH yang sering digunakan untuk mesin speed misalnya, akan muat diberikan lilitkan sebanyak 8-9 lilitan single bila menggunakan kawat tamiya dengan ukuran 0,8-0,9 mm atau akan 0,5 – 0,6 mm double.

Pengaruh Ukuran Kawat Mesin Tamiya Pada Kecepatan
Ukuran kawat tamiya memang berpengaruh pada kecepatan atau laju mobil tamiya dengan syarat, penilaian dilakukan pada :

  1. Angkur yang sama
  2. Jumlah dan skema lilitan atau gulungan mesin yang sama
  3. Magnet, tabung mesin dan brush yang digunakan sama
  4. Rasio gir yang digunakan sama
  5. Mobil yang digunakan pengujian sama
  6. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas dan dalam kondisi atau performasi yang sama

Apabila ketentuan diatas yang digunakan maka semakin besar ukuran kawat mesin tamiya yang digunakan maka kecepatan mobil tamiya akan semakin cepat adalah BENAR. Hal ini sesuai dengan teori kapasitas arus listrik yang dapat mengalir pada kawat penghantar.

Akan tetapi bila ketentuan diatas tidak ditepati maka pernyataan tentang semakin besar kawat yang digunakan maka semakin cepat laju mobil tamiya adalah SALAH. Hal ini karena yang mempengaruhi laju atau kecepatan mobil tamiya dilintasan tidak semata-mata karena ukuran kawat mesin tamiya tersebut.

Modifikasi Ukuran Kawat Mesin Tamiya
Apabila kita telah menemukan jumlah lilitan yang tepat untuk sebuah mesin tamiya dan ingin meningkatkan kecepatannya maka dapat dilakukan dengan cara membuat mesin dengan model gulungan double. Dengan skema gulungan double ini maka kita dapat memasukan kawat dengan total luas penampang yang lebih besar dari sekam gulungan single. Misalkan sebuah angkur mesin tamiya ingin kita buat dengan 8 atau 9 lilitan, pada model skema single kawat maksimal yang mampu dimasukan adalah 0,9mm. Maka dengan model skema double kita dapat memasukan kawat dengan total luas penampang 1,2-1,3mm menggunakan kawat email ukuran 0,6 – 0,65 mm. Kawat ukran 0,6-0,65mm dapat dimasukan dengan 8-9 lilitan karena susunan kawat dengan diameter lebih kecil akan masuk dengan sempurna pada celah yang sempit, berbeda dengan kawat diameter besar yang langsung memenuhi angkur pada jumlah lilitan yang sama.

Secara pribadi saya lebih suka membuat mesin speed jenis double, karena dari pengalaman mesin double dengan ukuran kawat mesin tamiya 0,63 mm sebanyak 8-9 lilitan dapat dibuat dengan lebih rapi tanpa harus manarik kawat yang berakibat susutnya diameter kawat. Untuk diketahui menarik kawat saat membuat lilitan boleh, tapi jangan terlalu kuat karena akan berakibat susutnya diameter kawat dan tingkat kepadatan struktur tembaga kawat tersebut berkurang sehingga arus listrik akan terhambat.

Cara Melilit Kawat Dinamo Tamiya
Sediakan peralatan sebagai berikut :

  1. Kawat Tembaga ukuran 0,4 / 0,5 / 0,6 / 0,7 / 0,8 / 0,9 (tergantung keinginan dan Panjangnya Trek)
  2. Angkur / Angker (dinamo kosongan)
  3. Pisau / Cutter (untuk mengupas lapisan tembaga)
  4. Tester / Multy Tester Digital
  5. Solder

Caranya :

  1. Kupas sedikit ujung kawat yang akan di kait kan ke kepala Dinamo (Arang)
  2. 0,6 =Double , 0,8 =Single
  3. letakkan susunan kawat serapi mungkin di setiap sisi / ke3 sisinya
  4. Kupas setiap akan di kaitkan ke Arang
  5. Untuk kawat 0,8 dasar gak tentu tergantung angker ; misal muat 5 susunannya adalah ( 5,4.3,2,1 )

cara lilit kawaat lilitan kawat single
Image : Cara melilit kawat dinamo( Harizz )

kawat dinamokawat dinamo
Image : gambar hasil lilitan ( harizz )


Video : Cara melilit kawat dinamo Tamiya


Artikel Terkait

Viewer : 14769 User: