Die cast : Model Mainan Metal Yang Sedang Booming


tanggal post : 21 September 2015
Die cast : Model Mainan Metal Yang Sedang Booming

Diecast adalah sebuah bentuk cetakan/bahan yang berasal dari besi, alumunium, magnesium, tembaga ataupun timbal. Metal yang digunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang biasa menggunakan metode die casting biasanya adalah mainan model dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun bisa dibuat dengan metode ini. 

Selain itu, Dalam dunia miniatur kendaraan bermotor, diecast menjadi bahan utama dikarenakan keunggulan dari bahan pembuatannya. Keunggulannya antara lain adalah solid, mudah dibentuk, tahan karat dan ringan.

Diecast dalam dunia miniatur

diecast

Dalam keseharian telah terjadi pergeseran arti dari kata diecast ini. Banyak orang yang beranggapan bahwa diecast adalah mainan mobil-mobilan kecil dari merk Hotwheel, padahal hal tersebut adalah keliru.

Untuk pembuatan sebuah miniatur kendaraan bermotor tidak terlepas dari bahan plastik. Plastik ini berfungsi untuk menggantikan fungsi diecast pada bagian-bagian kendaraan bermotor tertentu, misalkan pada kaca,ban ataupun interior dari kendaraan bermotor. Setiap produsen memiliki perbandingan diecast dan plastik yang berbeda-beda untuk memproduksi miniatur mereka. Ada yang lebih banyak diecast, ada yang lebih banyak plastik. Hal ini mempengaruhi nilai jual dari miniatur yang dihasilkan.

Redaktur : Akhmad Khasan


Artikel Terkait

Viewer : 184 User: