Manfaatkan Keuntungan Menjadi Seorang Affiliate Marketer


tanggal post : 07 August 2015
Manfaatkan Keuntungan Menjadi Seorang Affiliate Marketer

Ada banyak profesi yang bisa dijalankkan jika Anda berbisnis internet, mulai dari menjadi seorang blogger yang meraup rezeki dari iklan (misal dari Google Adsense), menjadi seorang pebisnis informasi yang menjual ebook/video tutorial, sampai ke profesi yang dinamakan affiliate marketer.

Affiliate marketer atau pemasar afiliasi adalah sebuah profesi di mana tugas Anda adalah memasarkan produk orang lain, lalu jika Anda bisa menjual produk tersebut maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan dari si pemilik produk. Di dunia nyata, profesi sebagai affiliate marketer ini dikenal dengan istilah broker. Menjadi seorang affiliate marketer ternyata punya banyak kelebihan dibanding profesi bisnis internet lainnya. Apa sajakah yang menjadi kelebihan dan kemudahan tersebut? Mari kita kupas pada sajian artikel menarik berikut ini.


1. Anda Tidak Perlu Susah-Susah Membuat Produk.

Ya, kalau Anda seorang affiliate marketer ngapain repot-repot bikin produk? Lha wong Anda tinggal memasarkan produk orang lain. Jadi pekerjaan sebagai affiliate marketer bisa dibilang lebih praktis dibanding profesi pebisnis internet lainnya.Anda tinggal cari produk untuk dipasarkan, pasarkan dan promosikan produk itu, setelah terjadi penjualan maka Anda akan mendapatkan komisi dari si-empunya produk. Tentu hal ini sangat berbanding terbalik (berbeda sekali) dengan seorang pebisnis ebook/video tutorial, di mana ia harus membuat dulu ebook/video tutorialnya, kemudian masih harus mempromosikannya, harus membangun brand dulu, dan banyak lagi.Karena Anda tidak perlu membuat produk sendiri, Anda bisa hemat waktu, tenaga dan pastinya biaya. Jadi menjadi seorang affiliate marketer termasuk solusi bisnis yang sangat cocok untuk Anda yang modal finansialnya tidak terlalu besar.

2. Anda Tidak Perlu Bikin Web Penjualan.

Ya, ngapain bikin web penjualan produk?Tugas Anda hanyalah mendatangkan sebanyak mungkin pembeli ke situs penjualan yang sudah dibuat (disiapkan) oleh si pemilik produk. Tentunya Anda harus mendatangkan banyak pembeli lewat link afiliasi yang Anda miliki, sebab lewat link itulah komisi Anda akan tercatat.Kalau gak perlu bikin web penjualan, lagi-lagi Anda akan hemat waktu, tenaga dan biaya. Lumayan kan? Kerjanya lebih praktis, dan banyak yang bisa dihemat pula?Lalu mungkin Anda bertanya, kalau saya gakbikin web gimana saya memasarkan produk yang diafiliasikan?Anda bisa pasarkan produknya lewat social media, lewat blog ataupun media-media lain seperti forum, situs Youtube, sms dan banyak lagi.

3. Anda Tidak Harus Sibuk dengan Keluhan/Pertanyaan Pembeli.

Salah satu keuntungan menjadi seorang affiliate marketer adalah Anda tidak perlu pusing dengan pertanyaan atau bahkan keluhan dari pembeli seputar produk yang Anda pasarkan. Sebab dalam hal ini Anda bukanlah pemilik produk, jadi orang yang sepenuhnya bertanggung jawab atas produk tersebut adalah si pemilik dan pembuat produk. Tugas Anda hanyalah sebagai seorang perantara, jadi Anda tidak perlu sibuk-sibuk menjawab pertanyaan pembeli.Anggap saja produk yang Anda pasarkan adalah produk panduan membuat website, nah sebagai seorang affiliate marketer Anda tidak harus pintar membuat website, jadi jika pembaca panduan itu bertanya hal-hal teknis seputar website maka Anda tinggal arahkan si penanya itu kepada pemilik produk.Bagaimana? Menarik dan enak ya jadi affiliate marketer?

4. Anda Cukup Memasarkan.

Ya tugas seorang affiliate marketer hanyalah memasarkan dan berupaya agar terjadi penjualan produk tersebut, jadi urusan lain bukan menjadi tanggung jawab Anda. Otomatis, waktu dan tenaga Anda tidak akan terbuang untuk mengurusi hal-hal seperti pengiriman barang, cek pembayaran, dan lain sebagainya.Akan tetapi jangan anggap mudah cara pemasaran barang/produk ya, Anda tetap harus berlatih setiap harinya. Jika tidak pernah berlatih dan bertindak bersiap-siaplah akan menjadi affiliate marketer yang “mandul” dan tidak bisa menghasilkan penjualan apa-apa.

5. Resiko yang Relatif Lebih Kecil.

Disadari atau tidak, resiko menjadi seorang pemasar afiliasi jelas lebih kecil dibanding jika Anda menjadi seorang pembuat atau pemilik produk (merchant). Anda tidak akan rugi meskipun produk itu tidak laku, sebab Anda hanya mencoba memasarkan. Coba bandingkan jika Anda sudah buat produk susah-susah, mengorbankan banyak waktu, menanamkan modal di sana sini (misal untuk biaya iklan, biaya buat web) tapi malah produknya tidak laku.Kasihan sekali.

Jika Anda termasuk orang yang takut menanggung resiko yang cukup besar atau Anda mencari bisnis dengan resiko yang relatif lebih kecil maka menjadi seorang  affiliate marketer adalah pilihan yang cocok untuk Anda.Mulailah mendaftarkan diri anda bersama Affiliasi Danmogot agar anda dapat segera memulai bisnis Affiliasi dan mendapatkan keuntungannya.

Redaktur oleh Rianggalih


Artikel Terkait

Viewer : 194 User: