Cara Menghemat BBM Motor


tanggal post : 16 July 2015
Cara Menghemat BBM Motor

1. Tekanan Ban

mungkin anda tidak percaya, namun hal ini memiliki dampak yang besar dalam menghemat konsumsi BBM. Jika tekanan angin kurang, BBM dapat lebih boros sekira 10-15 persen.

2. Cara mengerem

Cara mengerem juga wajib diperhatikan, yang tentunya akan membuat lari motor menjadi berat dan membuat boros bahan bakar.

3. Periksa Kondisi Roda

Perputaran roda juga wajib untuk dilakukan pengecekan. Karena, jika putaran roda berat, laju motor akan berat juga, dan memboroskan bahan bakar. ini biasanya terjadi karena pelek yang "speleng", bearing roda yang kurang pelumasan.

4. Pelumas

Daya lumas oli yang baik disebut mampu membuat mesin lebih enteng, serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar secara sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat, namun bahan bakar hemat. Pengantian oli secara rutin dianjurkan dilakukan.

5. Filter Udara

Filter adalah element yang tak boleh dibersihkan atau disemprot angin bertekanan. Sebab, akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor, sebaiknya segera diganti baru, Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.

6. Pakai Fuel Saver

Penggunaan aplikasi "part" pengirit bensin itu tidak boleh. contohnya seperti Power FX-Femax, ring bensin, dan lain-lain. Sebab berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10 persen.

7. Ringankan Beban Motor

Beban motor yang berat membuat lari motor juga ikut berat. Pengendara jadi sering memuntir gas dalam saat hendak berakselerasi cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian aksesori berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot ringan.

8. Cara Berkendara

Hal-hal berkendara yang membuat boros BBM ialah kebut-kebutan, sering memuntir gas mendadak setelah motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas. Dijamin BBM motor Anda akan jauh lebih irit.

 

HandMade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 180 User: