Mobil Toyota Sienta Penantang Mobil Honda Freed


tanggal post : 20 July 2015
Mobil Toyota Sienta Penantang Mobil Honda Freed

PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Tanah Air sedang mempersiapkan kehadiran mobil barunya. Kabarnya mobil terbaru Toyota ini merupakan kendaran MPV (Multi Purpose Vehicle) atau mobil keluarga. Menurut informasi yang beredar mengatakan bahwa MPV yang diberi nama Toyota Sienta sedang disiapkan. Adik dari mobil Toyota Kijang Innova ini akan diproduksi. Rencana awalnya Toyota Sienta akan mengaspal tahun 2015 ini.

Awalnya New Toyota Sienta diproduksi untuk pasar otomotif di negara asalnya, Jepang. Mobil tersebut rencananya akan meluncur pada 9 Juli Mendatang. Namun kemungkinan mobil tersebut juga akan dijual di pasar domestik Indonesia. Sebab, seperti yang diketahui bersama masyarakat di Tanah Air mayoritas lebih menyukai mobil keluarga sebagai kendaraan pribadinya.

Sosok Toyota Sienta terbaru, Melihat tampilan depannya, New Sienta ini terlihat mirip dengan Toyota Aqua. MPV ini tetap menggunakan pintu geser, sama seperti model sebelumnya agar memberikan kemudahan bagi pengguna untuk keluar atau masuk mobil. Bagian belakang Toyota Sienta ini juga tak kalah menarik. Melihat dimensinya, mobil ini memiliki panjang 4.235 mm, dengan lebar sebesar 1.695 mm dan tinggi mencapai 1.470 mm.

kita lihat dibagian interior, walaupun hadir sebagai mobil MPV, Toyota Sienta hanya mempunyai konfigurasi lima kursi. Bagian dashboard New Sienta hadir lebih menarik dan modern. Dengan balutan warna two-tone tampilannya menjadi terlihat indah. Terdapat tuas transmisi di bagian tengah yang terhubung dengan dashboard dan pusat infotainment berukuran besar. Secara keseluruhan interior New Sienta menawarkan desain yang sederhana dan ergonomis.

Berbicara mengenai dapur pacu, Toyota Sienta terbaru ini akan dibekali dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.5 liter yang dikombinasikan dengan teknologi VVT (Variable Valve Timing). Berbekal mesin tersebut mobil ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 109 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 136,3 Nm pada putaran 4.400 rpm. Tenaga yang dihembuskan oleh mesin disalurkan ke roda belakang melalui sistem perpindahan gigi CVT. Konsumsi bahan bakar Toyota Sienta diklaim dapat mencapai 20,6 km/liter. Sebagai informasi tambahan, Toyota Sienta bukanlah merupakan produk baru dari Toyota. MPV ini pertama kali diproduksi pada tahun 2003 lalu. Mobil ini diposisikan untuk bersaing di segmen mini MPV lima pintu.

Jika diperhatikan, saat ini Toyota memiliki beberapa model MPV di Tanah Air, seperti Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova dan Toyota Alphard. Toyota Avanza yang beberapa kali dinobatkan sebagai MPV terlaris di Indonesia memiliki ukuran panjang 4.140 mm, dengan lebar sebesar 1.660 dan tinggi 1.695 mm. Ground clearance atau jarak ke tanah mobil ini 200 mm, sedangkan wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.655 mm. Sedangkan saudara dekatnya, Toyota Kijang Innova mempunyai panjang 4.585 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.750 mm. Wheelbase Toyota Kijang Innova mencapai 2.750 mm. Mobil ini sempat hangat dibicarakan beberapa waktu lalu. Kabar yang berhembus kala itu mengatakan bahwa Toyota akan meluncurkan generasi terbaru Innova pada pertengahan tahun 2015 ini.

 

 

handmade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 231 User: