Futuristisnya Yamaha Tesseract


tanggal post : 20 July 2015
Futuristisnya Yamaha Tesseract

Yamaha menghadirkan Tesseract yaitu sebuah motor dengan 4 roda, meski dengan menggunakan 4 roda tapi bisa rebah kala menikung tajam. Pihak Yamaha menyebut teknologi suspensinya ada dua sistem. Pertama Dual Scythe Suspension. Lengan ayun seperti sabit. Ketika menikung, semua roda ikut miring dan grip tetap terjaga. Luas bidang kontak ban tetap lebar di aspal. Sehingga selain tidak licin, tidak takut limbung yang berakibat bikin terbalik. Bantingan motor juga nyaman berkat antara roda kiri dan kanan dibikin suspensi independen. Ketika roda kanan masuk lubang, roda kiri tidak merasakan itu sehingga motor tidak miring alias tetap tegak. 

Sistem kedua, Yamaha menyebutnya Dual Arm Lock System. Terlihat dengan penerapan dua roda di depan dan belakang yang terhubung ke dual arm-lock system tepat di dekat mesin. Untuk mengurangi redaman dan menjaga kestabilan motor ketika dikendarai, lengan ayun ganda yang terkunci di sasis utama diredam kejut oleh monoshock pada masing-masing lengan ayun. Nah, dengan rancangan seperti ini paling unik sistem kemudinya saat dikendarai. karena untuk menggerakan 4 rodanya agar bisa belok kanan-kiri, kedua lengan ayun model sabit tadi masing-masing didukung batang pengungkit as roda alias tierod. Sehingga ketika setang dibelokan berlawanan arah, maka keempat rodanya secara otomatis ikut miring dan belok sesuai perintah.

mesinnya juga sudah menggunakan teknologi hibrid yaitu gabungan antara mesin injeksi V-twin SOHC berpendingin cair dengan motor elektrik. Tetapi sangat disayangkan karena tidak dijelaskan berapa kapasitas mesin, tenaga & torsi yang dihasilkan. Apa karna harganya yang sangat mahal atau bisa jadi hanya sekedar motor konsep, hingga saat ini Tesseract belom nongol di pasaran.

 

handmade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 329 User: