Peluang Usaha di Internet Ala Broker


tanggal post : 08 July 2015
Peluang Usaha di Internet Ala Broker

Samakah Istilah Borker dengan Makelar ?

mungkin diantara kita semua pernah mendengan kata-kata broker. Dalam bahasa Jawanya lebih dikenal sebagai makelar. Broker atau pialang adalah tugasnya menjembatani antara investor dan si penjual saham. Gampangnya tugas broker adalah menjembatani antara penjual dan pembeli.

Jadi broker lebih tidak beresiko dari pada profesi bisnis owner.
Profesi Broker keunggulannya:
1. Tidak menanggung kerugian atas modal.
2. Dimungkinkan mendapatkan komisi dari 2 pihak (penjual dan pembeli).

Sebagai Broker Penjualan Produk

Disini anda melakukan kegiatan penjualan produk seperti biasanya dan melakukan aktifitas serta kegiatan pemasaran untuk menjual produk-produk yang Anda jual. Selain kegiatan pemasaran seperti melakukan promosi atau memasang iklan, anda juga menyiapkan sistem pembayaran dari pelanggan Anda beserta support sistem-nya.
.
Adapun produk yang Anda jual atau pasarkan adalah produk-produk orang lain, tetapi yang menyimpan dan melakukan stok produk adalah pemilik produk itu sendiri alias bukan Anda. Sementara untuk pengiriman produk-nya juga dilakukan oleh pemilik produk yang bersangkutan, bisa dikirim ke Anda untuk selanjutnya Anda kirim/berikan kepada pelanggan Anda, atau bisa juga pemilik produk tersebut yang mengirimkannya langsung ke alamat pelanggan Anda.

Untuk mendapatkan pemilik produk ataukah pemilik usaha yang bersedia bekerjasama dengan Anda dengan metode penjualan seperti ini bisa Anda cari dan mencoba untuk mengajukan penawaran kerjasama seperti sistem tersebut diatas (sistem broker), salahsatunya melalui Indonetwork Indonesia. Tapi ada beberapa pemilik produk atau pemilik usaha yang memang sudah menyiapkan model bisnis seperti itu, salahsatunya melalui komunitas facebook dropship lokal yang menyediakan beragam jenis produk. Melalui model bisnis inilah Anda bisa membuat ide bisnis sendiri ataukah mencontoh ide bisnis yang sudah ada.

Sebagai contoh anda bisa membuka toko online khusus untuk produk makanan eklusive untuk wilayah tertentu, membuka lapak jualan di internet khusus untuk produk sepatu kulit untuk orang kantoran, atau mungkin juga bisa melengkapi usaha toko ofline Anda dengan metode bisnis ini dan menggabungkan metode penjualannya.

Untuk Anda yang tidak atau belum begitu familiar dengan bentuk bisnis seperti ini, mungkin bisa mempelajarinya dari beberapa modul berikut ini:

1. Bisnis Olshop Ala Broker

Ini adalah modul training dalam bentuk video tentang cara berjualan melalui online shop dimana produk-produk yang Anda jual melalui online shop atau toko online Anda adalah produk-produk dari sistem kerjasama bisnis dropship seperti yang saya kemukakan diatas. Dalam panduan ini setidaknya ada 3 topik utama yang bisa Anda pelajari, yaitu: melakukan riset produk dan memilih pemilik produk yang menyediakan kerjasama bentuk bisnis dropship, cara membuat lapak atau website penjualan yang menarik, serta cara melakukan promosi yang sederhana.

2. Reselling bypas

Panduan ini dibuat oleh salahseorang rekan kami yang menggeluti bisnis di Internet, yang salahsatunya adalah menyediakan jasa dari sebuah service reselling. Dalam bisnis ini ia menjual atau  memasarkan kembali service orang lain.

Sebagai catatan tambahan dari saya bahwa saat Anda mencari partner atau pemilik produk yang menyediakan jenis kerjasama bisnis sebagai broker atau dropship, anda juga harus memperhatikan kelayakan dari pemilik produk atau perusahaan tersebut, dan pastikan pemilik produk atau perusahaan tersebut bisa dipercaya. Dan bentuk bisnis seperti ini kemudian saya sebut dengan bentuk bisnis dropship.

3. Sebagai Perantara/Makelar Produk

Yang saya maksud sebagai perantara atau semacam makelar produk di internet adalah anda memperkenalkan sebuah produk kepada orang lain dimana produk tersebut adalah kepunyaan orang lain dan Anda tidak menyimpan (menyetok) produk yang bersangkutan. Selain itu dalam hal pembayaran dan distribusi (pengiriman) produk Anda samasekali tidak tahu menahu dan itu menjadi tugas dan tanggungjawab pemilik produk yang bersangkutan.

Jadi disini anda murni hanya membicarakan atau mengenalkan produk kepada orang lain melalui katalok, brosur, ataukah informasi di Internet, dan selanjutnya jika ada yang berminat Anda tinggal mengarahkan mereka ke pemilik produk atau website pemilik produk, dan selanjutnya merekalah yang akan menanganinya. Adapun bentuk kerjasama bisnis seperti ini saya sebut dengan sistem bisnis affiliate atau affiliasi.

Adapun pemilik produk atau perusahaan yang menyediakan kerjasama bisnis seperti ini di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan beragam, terutama di luarnegri sana jumlahnya sangat banyak. Jadi tergantung Anda ingin jualan produk apa dan narget pasar lokal ataukah luarnegri. Seperti contoh melalui website toko online yang saat ini populer di Indonesia yaitu zalora.co.id dan lazada.co.id Anda bisa menjadi perantara atau makelar dari produk-produk mereka.

Sementara jika memerlukan modul training untuk jenis bisnis ini, Anda bisa mengikuti kelas online training tentang internet marketing secara lengkap di komunitas internet entrepreneur university, ataukah mempelajarinya secara tersendiri melalui modul Makelar Online yang dibuat oleh salahseorang rekan kami yang memang menggeluti bidang tersebut.

4. Menjual dan Memperluas Pasar Produk Sendiri

seni jualan di internetUntuk anda yang memiliki produk sendiri, internet juga terbuka lebar untuk bisa menjual dan memasarkan produk-produk Anda melalui internet. Metode penjualannya bisa 100% menggunakan internet, atau bisa juga menggabungkan (mengkombinasikan) penjualan secara ofline maupun secara online melalui internet. Yang menjadi perhatian utama disini adalah masalah penyediaan informasi dan bentuk website penjualan yang akan Anda gunakan. Untuk penjualan menggunakan website toko online mungkin bisa membaca tulisan saya sebelumnya yaitu mengenai pemilihan jenis toko online yang akan digunakan. Sementara jika anda ingin belajar bagaimana membuka dan membuat lapak penjualan yang sukses bisa belajar dari om susanto yang beberapa waktu yang lalu meluncurkan panduannya dalam bentuk video dengan topik cara berjualan produk fisik di Internet yang ia buat berdasarkan pengalamannya dalam menjual dan memasarkan produk-produk fisik melalui internet.

Menjual produk sendiri melalui internet sebenarnya hampir mirip dengan ide bisnis dari internet yang pertama yaitu menjual produk sebagai broker diatas. Akan tetapi pada penjualan produk sendiri ini Andalah yang melakukan semuanya mulai dari penyediaan materi produk (gambar, artikel, maupun video jika ada), mengupdate status ketersediaan (stok) produk, menerima pembayaran dan konfirmasi pembayaran, menyediakan sistem support pelanggan, melakukan pengepakan dan persiapan pengiriman produk, sampai pada kegiatan melakukan pengiriman produk ke alamat pelanggan.

Kalau anda lihat apa yang dikerjakan untuk membuka lapak penjualan produk sendiri di intenet cukup banyak juga, akan tetapi kelebihan internet itu sendiri yang bisa diakses darimana saja dan kapan saja oleh pengguna internet membuat peluang untuk mengembangkan bisnis dan memperluas pasar Anda memiliki harapan yang cukup menjanjikan. Mungkin pada awal-awal (karena mungkin belum terbiasa) Anda akan merasa keteteran, tetapi jika sudah terbiasa melakukan aktifitas penjualan dan pemasaran melalui internet ini tidaklah sesulit yang Anda mungkin bayangkan saat ini.

5. Membuka Usaha Kursus/Training Online

Untuk anda yang memiliki keahlian atau pengetahuan khusus, internet juga terbuka peluang untuk dijadikan sarana tempat belajar. Website-website seperti Wisata Hati, AsianBrain, dan kursus bahasa inggris online di Full Conversation adalah beberapa contoh website kursus/training online yang sukses dibidang ini. Untuk memulai ide usaha ini hal utama yang perlu disiapkan adalan materi-materi kursus atau training yang akan Anda berikan serta metode pengajaran yang Akan anda gunakan. Hal kedua yang cukup penting adalah Anda memerlukan website khusus yang didesain dalam bentuk membership seperti Script Membership Pro ataukah jika anda menggunakan wordpress bisa memanfaatkan plugins seperti wuoy membership ataukah yang lainnya.

Jika anda belum begitu familiar dengan kursus atau training online berbasis internet ini, anda mungkin bisa bergabung disalahsatu kursus online yang sudah ada saat ini. Selanjutnya selain mempelajari materi-materi training-nya, Anda juga bisa sekaligus mempelajari cara dan metode yang digunakan oleh mereka dalam memberikan kursus atau training online.


Artikel Terkait

Viewer : 317 User: