Korut Terancam Kelaparan, Iran Siap Membantu, Selengkap nya?


tanggal post : 02 July 2015
Korut Terancam Kelaparan, Iran Siap Membantu, Selengkap nya?

BeliPulsa.id - Korea Utara (Korut) terus dilanda kekeringan yang berujung kelaparan. Negara komunis ini meminta bantuan kemanusiaan dari sekutunya, Iran.

  

Duta Besar Korut Kang Sam-hyon mengajukan permohonan bantuan kemanusiaan kepada Bulan Sabit Merah Iran. Bantuan ini dimaksudkan untuk memerangi kekeringan yang disebut sebagai kekeringan terburuk dalam 100 tahun terakhir dan semakin memperparah kekurangan pangan di Korut. 

Demikian dilaporkan kantor berita Iran, IRNA seperti dilansir AFP dan Times, Kamis (2/7/2015).

Korut mengalami kekurangan pangan kronis yang cukup lama. Situasi semakin memburuk dengan adanya banjir, kekeringan dan pengelolaan sumber daya yang tidak tepat. Bahkan diyakini ratusan ribu warga Korut tewas dalam bencana kelaparan parah pada pertengahan era 1990-an lalu.

  

Dengan Iran, Korut sudah menjadi aliansi sejak revolusi Islam melanda Iran pada tahun 1979 silam. Kedua negara ini sama-sama menghadapi sanksi ekonomi atas program nuklir kontroversial mereka.

Bantuan pangan internasional, terutama dari Korea Selatan dan Amerika Serikat berkurang secara drastis di tengah ketegangan antara Korut dengan dua negara itu. Sementara itu, hubungan ekonomi dan politik antara Korut dan Iran tetap kuat.

Kerja sama militer kedua negara dihentikan sejak akhir konflik Iran-Irak pada tahun 1980-an lalu. Namun otoritas AS mencurigai program rudal balistik Iran muncul dengan bantuan teknis dari Korut. 

 

BeliPulsa.id

 

Redaktur Reza Ananda


Artikel Terkait

Viewer : 335 User: