Cara Merawat Mesin 4 Tak


tanggal post : 26 May 2015
Cara Merawat Mesin 4 Tak

Apakah anda memiliki kendaraan bermesin 4 tak ?

Sudah tau cara merawat kendaraan 4 tak ?

Berikut ulasan dari redaktur danmogot tentang bagaimana cara merawat motor bermesin 4 tak.

ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar mesin 4 tak tetap awet, anda pun bisa cek sendiri di rumah sebelum anda memutusskan untuk membawanya ke bengkel. antara lain :

Periksa Busi

Periksa busi sepeda motor. Apabila sudah mencapai 12ribu kilometer, sebaiknya busi diganti. Namun jika sebelum 12ribu namun kelancaran mesin sudah tidak terasa, langsung cek kondisinya. Perhatikan juga keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, bila sudah cukup umur atau terlihat ada retakandan atau pengerasan di kabel, sebaiknya segera diganti. 

Periksa Karburator

Cek filter karburator. Cara membersihkan filter dapat menggunakan bensin yang lalu dimulasi oli untuk filter model basah. Atau dengan cara menyemprotkan angin dengan kompresor untuk filter kering.

Periksa Rantai dan Gir

Periksa setelan rantai dan gir. Jangan biarkan rantai kendut atau terlalu kencang dan jangan lupa juga untuk memakaikan pelumas rantai agar rantai dapat berputar dengan lancar. Kondisi gir juga perlu di cek dengan caracek ketajamannya. Apabila sudah menajam, sebaiknya lekas ganti karena dapat membuat rantai putus. Untuk motor matic yang menggunakan Vbelt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25ribu km. Untuk matic cek juga kondisi gir serta kampas rem depan dan belakang. 

Periksa Kelistrikan

Cek kondisi aki. Motor-motor buatah tahun 2000 ke atar, umumnya sudah menggunakan aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus. Tetapi hampir tiap tiga tahun sekali wajib diganti. Sedangkan aki basah perlu di cek setiap 10ribu km. Bila air aki kurang atau kering, segera diisi.

Selalu Panaskan mesin sebelum digunakan

Panaskan mesin motor. Teknik memanaskan mesin motor memang hal yang sepele, namun lebih baik hal ini dilakukan agar oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk anda. " Ketika Ikhlas Memberi, Manfaatnya akan jauh lebih besar "  #danmogot_Quotes

Sumber : dikutip dari berbagai sumber

Redaktur : Akhmad Khasan @danmogot

 

 


Artikel Terkait

Viewer : 852 User: