Cara Sharing Printer di Windows7


tanggal post : 15 July 2015
Cara Sharing Printer di Windows7

Printer sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan bekerja. Apalagi jika kita bekerja di perkantoran yang tiap harinya harus membuat laporan yang harus di cetak. Tapi bagaimana jika printer yang kita pakai terbatas dan jauh dari jangkauan meja kerja kita. Solusinya adalah dengan menshare printer tersebut ke PC atau laptop kerja kita.

Untuk bisa share printer setidaknya dibutuhkan dua komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan LAN yang sama, satu komputer terhubung langsung dengan printer (Komputer Master) dan satu komputer lagi yang tidak ada printernya (Komputer Cliens). Secara umum Ada 3 Tahap proses yang harus dilakukan untuk bisa share printer:

  1. Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens)
  2. Pengaturan pada Komputer Master
  3. Pengaturan pada Komputer Cliens

Note: Pada artikel ini, saya menggunakan Windows XP sebagai contoh, namun Anda tetap bisa mencapai hasil yang sama dengan menggunakan Windows Vista atau windows 7, tapi navigasi terminologi dan menu mungkin sedikit berbeda.

1. Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens)

Sebelum kita mulai sharing printer, terlebih dahulu Anda sudah mengetahui cara print dan install driver printer di komputer Anda. Kemudian beberapa komputer sudah terhubung dengan jaringa LAN atau Wifi dengan sebuah workgroup yang sama, jika komputer tersebut belum terhubung silahkan ubah terlebih dahulu Workgroup pada komputer Anda dengan nama yang sama, pada contoh kali ini kami membuat nama workgroup dengan nama "WORKGROUP". Untuk mengubahnya ikuti panduan berikut:

  • Buka Control Panel melalu Start => Control Panel lalu temukan dan buka System
    Sharing Printer


Pilih Tab Computer Name, lihat apakah workgroup tersebut sudah sama dengan nama workgroup yang anda inginkan. Jika belum ubah workgorup tersebut dengan klik Change.
Sharing Printer setting workgroup
Gambar 2. Membuat nama komputer dan workgroup
Lalu ubahlah workgroup dengan nama yang Anda inginkan dan harus sama dengan nama workgroup pada komputer yang lain yang ingin Anda share printer, lalu klik OK.


Artikel Terkait

Viewer : 46 User: