Begini Cara Mudah Mengambil Screenshot di Perangkat Windows


tanggal post : 04 August 2015
Begini Cara Mudah Mengambil Screenshot di Perangkat Windows

Bagi sebagian orang, mengambil screenshot di tablet atau handphone adalah hal yang biasa. Namun bagaimana cara untuk mengambil screenshot di layar komputer berbasis Windows?

Ternyata tidak semua pengguna Windows tahu cara melakukannya. Berikut kami berikan cara-cara untuk mengambil screenshot di semua versi Windows.

1. Windows XP

Untuk mengambil screenshot di Windows XP hanya dapat dilakukan dengan dua cara. Tekan tombol Print Screen di keyboard, yang akan meng-copy seluruh gambar dari layar. Kemudian, paste di tempat yang ingin Anda letakkan, bisa di program Paint atau yang lainnya. 
 
 
 
 
Kedua, Anda dapat mengambil layar yang lebih spesifik. Cukup tekan Alt bersamaan dengan Print Screen, kemudian lakukan paste seperti pada cara yang pertama. Sekadar info, tombol Print Screen biasanya dilabeli dengan PrtScn atau PrtSc di keyboard.

2. Windows Vista dan Windows 7

Pengambilan gambar screenshot di Windows Vista dan Windows 7, selain memiliki cara yang sama dengan Windows XP juga dapat menggunakan Snipping Tool. Fitur ini tersedia di semua versi Windows, kecuali Windows 7 Starter dan Basic Editions serta Windows XP.
 
 
 
 
Untuk membuka program ini, klik Start, kemudian All Programs, lalu Accessories, dan pilih Snipping tool dari yang ada di daftar.

Buka program, klik New, kemudian pilih area layar yang akan diambil, lalu klik Save, dikutip Selasa (4/8/2105). Snipping Tool dapat membantu Anda mengambil gambar di area spesifik dari layar.

3. Windows 8 dan Windows 10

Untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10 pada dasarnya telah memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot, lalu menyimpannya secara otomatis di folder khusus.
 
 
 
 
Caranya, tekan Windows dan Print Screen bersamaan, dan secara otomatis akan mengambil seluruh gambar yang ditampilkan layar, kemudian menyimpannya di folder Screenshot di bagian Pictures.

Cara mengambil screenshot dari Windows XP dan Snipping Tool juga dapat digunakan di Windows 8 dan Windows 10. Cukup mencari Snipping Toll dari layar Start Windows 8 atau mencarinya di kolom pencarian yang berada sebelah ikon Start di Windows 10.

4. Windows Tablet dan Windows Phone

Para pemiliki tablet Windows juga dapat mengambil screenshot dengan cara menekan tombol Windows dan Volume-down secara bersamaan. Gambar yang telah diambil akan disimpan di folder Screenshot di bagian pictures.
 
  
 
Untuk pengguna Windows Phone 8.1, mengambil screenshot dapat dilakukan dengan menekan tombol Power dan Volume-up bersamaan.
 
 
 
Sementara di perangkat Windows Phone 8 dapat mengambilnya dengan cara menekan tombol Start dan Power bersamaan. Screenshot akan otomatis tersimpan di Photos Hub.
 
 
Download aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya
 
Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
  
 
 
 

Redaktur Reza

Artikel Terkait

Viewer : 388 User: