Pengetahuan Tentang Bahan Bakar


tanggal post : 25 January 2016
Pengetahuan Tentang Bahan Bakar

ADDITIVE BAHAN BAKAR

Pertamax dan Pertamax plus dianggap mahal. alasannya karena bukan bahan bakar non subsidi dari pemerintah. Tapi setelah di konfirmasi langsung kepada pihak pertamina, sepertinya bukan cuma itu saja namun ada aspek teknis yang lebih

Kalau melihat dari angka oktannya, sudah pasti pertamax dan pertamax plus kadar oktannya tinggi. Namun dari kandungan lain juga lebih unggul. Seperti ada bahan tambahan aditif yang lebih.

Aditif yang ditambahkan pada pertamax dan pertamax plus yaitu secara garis besar ada tiga. Apa sajakah kira-kira? Ada yang tahu??

Ini dia beberapa campuran yang ada pada bahan bakar pertamax dan pertamax plus :

PERTAMA

Corrosion inhibitor. yaitu sebagai penlindung anti karat pada dinding tangki dan saluran bahan bakar, serta pada ruang pembakarannya. Makanya kalau menggunakan premium, dianjurkan agar jangan sering membiarkan tangki kosong. menyebabkan dinding tangki tidak tertutupi bahan bakar. ini yang membuat sering berkarat. menggunakan pertamax atau Pertamax plus diberi zat yang mampu menangkal korosi. dinding tangki dicegah beroksidasi dengan udara. sehingga tidak dimakan oleh karat.

KEDUA

additive ditergensi. ada hubungan dengan detergen atau sabun. Tapi yang dimaksud adalah detergensi yaitu sebagai pembersih ruang bakar mesin sehingga mesin menjadi lebih bersih dan awet, dan pembakaran lebih efisien. Detergensi ikut membasuh kotoran atau kerak dalam ruang bakar. Wah, seperti engine conditioner ya??. ini yang bikin pembakaran lebih bersih.

KETIGA

additive demulsifier. Additif ini berfungsi untuk menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air, sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna. Additif ini punya kemampuan menghindari bahan bakar mengikat oksigen. sebab, kalau bahan bakar bertemu dengan oksigen akan bereaksi dan hasilnya menjadi molekul air. Makanya di dalam tangki bahan bakar kerap terjadi endapan air. Banyak yang menuduh SPBU sengaja mencampur bensin dengan air padahal bensin mudah sekali mengikat oksigen yang akhirnya terbentuklah air. Begitu juga yang terjadi di tangki penyimpanan SPBU. Mudah sekali bensin mengikat oksigen, Unsur H (hidrogen) di bahan bakar bertemu dengan oksigen (O2) dari udara. Jadinya H2O alias air. Makanya di balap yang menggunakan bensol, banyak yang di campur dengan demulfisir.

Jadi udah pada ngerti kan kenapa dari segi harga, bahan bakar pertamax atau pertamax plus lebih mahal dari bahan bakar biasa?. Jadi setelah membaca artikel ini, pilihlah bahan bakar yang terbaik buat kendaraan kamu! Selamat mencoba :)


Artikel Terkait

Viewer : 126 User: