Chip Tiruan Otak Manusia Dikembangkan IBM


tanggal post : 27 June 2015
Chip Tiruan Otak Manusia Dikembangkan IBM

Jakarta BeliPulsa.id  - Chip komputer dipastikan akan semakin cerdas. Pasalnya, saat ini IBM tengah mengembangkan sebuah chip yang cara kerjanya terinspirasi dari otak manusia.
 
   
 
Chip yang bernama TrueNorth ini ditanamkan dengan 5.4 miliar transistor. Salah satu yang terbesar dari chip semikonduktor oksida logam yang pernah dibuat oleh manusia. Sebagai perbandingan, chip prosesor yang beredar di pasar baik untuk komputer pribadi maupun data center, rata-rata hanya mempunyai 1,4 miliar transistor.
 
Bekerja dengan perangkat komputasi tradisional, chip dapat memberikan 'dosis kecerdasan' seperti manusia. Nantinya chip ini berguna untuk sensor mobil pintar, aplikasi komputasi awan atau smartphone.
 
Chip TrueNorth ini mempunyai kemampuan seperti informasi pengolahan dalam lingkungan dunia nyata seperti mengenali suara atau wajah dalam kerumunan bergerak.
 
  
 
Bagaimana chip itu mengenali tersebut mirip dengan cara fungsi otak manusia dengan satu miliar neuron terhubung dengan ribuan orang lain dan pengolahan informasi secara paralel. Chip IBM terdiri dari satu juta neuron dan 256 juta sinapsis yang menyampaikan sinyal neuron digital.
 
"Tujuan akhir jangka panjang kami adalah untuk membangun sebuah 'otak dalam kotak' dengan 100 miliar sinapsis yang mengkonsumsi 1 kilowatt daya," ujar Dharmendra Modha, kepala ilmuwan dalam tim yang mengembangkan chip ini, seperti dikutip IB Times, Sabtu (27/6/2015).
 
 

Redaktur Reza Ananda 

Artikel Terkait

Viewer : 235 User: