Motor Trail dan Mini Trail

Ramadhan Asyik Bersama Buah Hati


Ramadhan Asyik Bersama Buah Hati

Ramadhan sudah semakin dekat, dan pastinya bagi kita sebagai orang tua, tentunya ingin membawa anak kita turut merasakan kebahagiaan akan datangnya bulan suci nan mulia bukan? Kita sebagai orang tua pun ingin agar anak-anak kita antusias menjalankan puasa dan ibadah lain yang mengiringinya di bulan ini. Pada artikel ini, saya akan membagikan tips dan nasihat bagaimana mempersiapkan anak-anak kita menyambut ramadhan. Check this out!

Kita, yang hidup di negara dengan penduduk mayoritas muslim sebenarnya cukup terbantu dengan antusiasme masyarakat dalam menyambut ramadhan. Paling tidak, siaran televisi sudah sedikit berubah dengan menampilkan iklan sirup dan penganan buka puasa. Belum lagi kebiasaan di masyarakat pula dengan mengadakan kerja bakti lingkungan sebelum ramadhan, bersih bersih masjid, dan banyaknya spanduk menyambut bulan nan penuh berkah ini. Namun demikian, tentunya sebagai orang tua tak bisa langsung lepas tanggung jawab donk, karena kita ingin penyambutan yang lebih baik lagi; serta persiapan yang lebih mantap lagi memasuki bulan ramadhan bersama anak-anak kita. Berikut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam menyambut ramadhan, Ayah Bunda…

1. Membeli Dekorasi

Belilah aneka hiasan rumah yang terkait ramadhan. Entah hiasan dinding, reminder, atau gambar-gambar pengingat kemuliaan bulan penuh berkah. Tempelkan hiasan ini di dinding, kamar anak-anak, ruang tamu, ruang belajar supaya anak merasakan kerinduan menyambut ramadhan. Belilah yang sederhana saja. Jika tidak menemukan, Ayah Bunda bisa berkreasi dengan anaknya dengan bahan yang mudah didapat di rumah.

2. Mengajarkan sedekah kepada anak

Ramadhan adalah momen yang bagus untuk melatih anak-anak kebiasaan sedekah kepada orang lain. Sedekah di sini tidak melulu harus berupa uang yang kita bagi-bagikan kepada orang miskin; namun, bisa jadi saling berbagi makanan ke tetangga, membagi minuman buka kepada pejalan, ataupun hal simpel lainnya. Selain mengajarkan keutamaan sedekah, kita pun telah melatih anak untuk terbiasa berkontribusi dalam dakwah kepada sesama tentang indahnya Islam.

3. Menggunakan sebuah Kalender Ramadhan

Kalender harian Ramadhan bisa menjadi sesuatu yang menarik lho Ayah Bunda… Tidak sekedar menandai satu dua hari yang telah dilalui; kita bisa mengambil ide dari Susan Carland menjadikan kalender ramadhan sebagai penyemangat anak-anak dalam berpuasa. Seperti terlihat dalam gambar, kalender ini terbuat dari kertas tebal, lalu ditempeli kantong-kantong dari kain bertuliskan 1 sampai 30. Apa fungsi kantong ini? Susan Carland meletakkan ‘hadiah’ untuk anak mereka; di setiap kantongnya. Berbeda antara satu dan lainnya. Dulu ketika anaknya masih kecil, isi kantong itu adalah nasehat singkat dan ringan, misalnya, “Allah loves you so much!” atau “Pada bulan Ramadhan, seorang muslim tidak makan sedari subuh sampai maghrib”. Seiring usia, Susan memberikan nasehat yang lebih banyak yang diambil dari ayat ayat quran. Lebih menarik lagi, tatkala banyak tamu yang datang, Susan akan meletakkan sejumlah kurma di kantong untuk dihadiahkan kepada anak kecil yang bertamu ke rumah. Namun jangan salah; tidak setiap saat anak dapat mengambil hadiah di kantong itu. Hadiah di kantong itu hanya bisa diambil tatkala adzan maghrib berkumandang, dan sang anak berhasil menyelesaikan ujian puasa di hari itu! Tertarik?

4. Membuat kotak sedekah

Cara asyik mendapatkan pahala melimpah di bulan ramadhan bersama anak-anak adalah dengan membuat kotak sedekah! Buatlah bersama anak-anak, lalu biarkan anak-anak berkreasi membuat kotak yang lucu dan menarik bagi mereka. Berikutnya, beri target kepada anak-anak (dan juga kita sebagai orang tua tentunya ikut!) untuk mengisi kotak itu setiap hari. Bukankah malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah? Maka tak ada salahnya melatih keluarga kita dengan sedekah tiap harinya, meskipun sedikit demi sedikit. Biar pahalanya tiap hari; ketimbang sedekah langsung banyak tapi Cuma sehari. Hehe

5. Berkreasi Bersama

Anak-anak pasti suka dengan ‘berkreasi’! apa lagi jika anak anda hobby adventure dan tantangan, hal yang cocok untuk anak-anak yang hobby tantangan dan adventure adalah dengan cara mengajaknya ke puncak atau bermain Motor yang sesuai dengan umurnya. Contohnya Motor Trail yang sesuai dengan anak laki-laki anda yang memiliki jiwa adventure. Tentunya motor trail untuk anak-anak bukan motor trail yang ada di arena balap sana ya..!! hehe

Sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menjual motor trail khusus untuk anak-anak. Seperti Motor Trail 110 cc yang cocok untuk anak anda yang berumur 10 tahun ke atas. Bahkan juga ada Mini Trail 49 cc loh.. yang cocok untuk anak anda berumur 6 - 9 tahun. Anda bisa kunjungi website www.danmogot.com  jika anda ingin memesan produknya.

Kegiatan ini menjadi asyik karena bisa mengajarkan kepada anak tentang ketika puasa bukan hanya bermalas-malasan di rumah, tetapi harus menjalankan aktifitas sehari-hari. Juga tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga harus kuat dalam fisik atau pun godaan.

Yuk manfaatkan momen ini untuk mengenalkan ramadhan, sekaligus mengasah kreativitas anak-anak kita.

Yap, Ayah Bunda, sepertinya sudah banyak sekali ide terbagi di sini. Sebenarnya masih sangat banyak ide bertebaran. Yang perlu kita pahami adalah Anak tidaklah menuntut kesempurnaan dari kreasi yang kita bikin, atau mereka buat. Yang mereka butuhkan adalah kehangatan kita dalam mengajak mereka menyambut dan menjalani ramadhan mereka. Semoga pada ramadhan ini kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi! Aamiin


selamat hari puasa

Artikel Terkait

Viewer : 9