Tips Mudah Mengendarai ATV


Tips Mudah Mengendarai ATV

ATV atau All Terrain Vehicle adalah kendaraan roda empat yang dapat digunakan di segala medan, seperti halnya motor  trail. Ini dia salah 1 olahraga yang syarat dengan unsur  petualangan, bagi ada yang suka memacu andrenalin ini juga bisa menjadi pilihan yang cocok. ATV Adventure, memaju ATV di alam bebas untuk menguji nyali dan andrenalin, atau sekedar untuk menikmati alam bebas. Dari masa ke masa kendaraan ini menjadi pilihan bagi penggemar Outdoor Adventure. Pada mulanya ATV hanya digunakan oleh para pemilik perkebunan untuk alat transportasi mereka, tapi seiring dengan perkembangan zaman ATV dapat digunakan untuk banyak kegiatan di dunia otomotif seperti balap, motor penjelajah alam, kendaraan operasional tim SAR atau di Indonesia banyak disewakan untuk kegiatan lintas alam ditempat wisata

Kemampuannya menembus jalan off road membuat ATV menjadi kendaraan fleksibel dan efektif. Lantas bagaimana cara mengendarai ATV yang baik dan aman? Keselamatan merupakan hal yang sangat penting dalam berkendaraan. Mengendarai All Terrain Vehicle (ATV) berbeda dengan kendaraan lain, seperti motor dan mobil. Disiplin dan berpikir sebelum bertindak adalah kunci keselamatan dan tanggung jawab pengendara ATV. Berkendara yang baik dan benar serta aman harus menjadi dasar utama bagi setiap pengendara ATV. Sudah seharusnya setiap pengendara ATV memahami tata cara berkendaraan yang baik dan benar, serta meningkatkan kewaspadaan yang tinggi di kebun. Apalagi kondisi medan off road kebanyakan jalan tanah, sempit, licin dan berbukit.

tips mengendarai atv

Ketika mengendarai ATV, Anda harus aktif secara fisik untuk mengurangi kemungkinan cedera. Berkendaraan dengan aman mengharuskan Anda membaca medan dan lingkungan sekitar. Untuk itu pengendara ATV juga perlu mendapatkan pelatihan safety riding agar mereka lebih memahami tentang cara-cara berkendaraan yang baik dan benar.

Safety Riding, sama halnya dengan istilah safety driving bagi pengguna mobil. Istilah safety riding mengacu kepada perilaku berkendaraan yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain. Melalui pelatihan ini kecelakaan di medan off road dapat dihindari. Dalam pelaksanaannya, pengendara ATV harus mengetahui karakter ATV, terlebih pada bagian sistem pengamanannya, kelengkapan alat bantu, hingga perlengkapan berkendaraan yang dikenakan. Perangkat keamanan seperti helm, sarung tangan, celana panjang, sepatu boot dan jaket menjadi wajib untuk peserta pelatihan safety riding.

Adapun tips tips paling penting dalam mengendarai ATV adalah sebagai berikut :

  • Pelajari sistem transmisi
  • Handle gas pada jempol
  • Selama ATV berjalan dilarang menurunkan kaki
  • Mainkan posisi tubuh melawan kemiringan ATV
  • Berdiri pada step saat memasuki lubang atau jalan bergelombang (utk yg sdh ahli)
  • Pergunakan peralatan safety riding (helm, decker, pelindung siku dan lutut, sarung tangan, sepatu)

Demikianlah tips menjalankan ATV. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda.

Pemesanan Online Dapat Menghubungi Customer Service Kami
PIN BB : 56fdeedb
TELPON : 0823 10 633 633

Redaktur Rizky Ramadhansyah @Danmogot


selamat hari puasa

Artikel Terkait

Viewer : 3