Pilih Jurusan Saat Kuliah Tidak Usah Bingung


Pilih Jurusan Saat Kuliah Tidak Usah Bingung

BELI PULSA -Sering kali hal yang dialami oleh siswa/siswi tamatan SMA/SMK adalah dilema akan melanjutkan studinya. Diantaranya adalah akan mengambil fakultas apa, universitas apa yang bagus, dan akan kuliah dimana. Karena hal ini sangat menentukan masa depan anda. Pemilihan jurusan haruslah sesuai dengan bakat dan minat anda. Jangan sampai di kemudian hari anda menyesal dikarenakan salah memilih jurusan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tepat agar anda tidak menyesal belakangan.
 
1. Mampu di Bidangnya
Pilihlah jurusan yang dimana anda ahli di bidangnya. Memilih jurusan haruslah sesuai dengan minat dan bakat anda. Sangat dianjurkan agar anda tidak mengambil resiko, karena ini sangat berdampak berkepanjangan. Jangan memilihi satu jurusan hanya karena ingin dekat dengan pacar atau mungkin karena gengsi dengan teman lainnya. Jika anda mengambil tindakan ini, mungkin saja anda akan makin hati dengan pelajarannya karena tidak mengerti bahkan sampai stres. Tentukanlah jurusan yang anda sukai, dengan begitu untuk mencapai nilai yang tinggi dan meningkatkan bakat andapun sangat mudah untuk di dapatkan.
 
2. Minat dan Bakat
Seperti yang dikatakan sebelumnya memilih jurusan haruslah sesuai dengan minat dan bakat anda. Jangan sampai anda memilih jurusan tersebut karena mudah mendapat pekerjaan dan mengundang keuntungan di masa depan. Jika memilih hal ini dan anda tidak menguasainya sama saja anda akan menjadi pengangguran biarpun jurusan tersebut banyak  diminati dan mudah mendapatkan pekerjaan. Pilihlah jurusan yang sesuai maka hasilnya akan memuaskan dan malah menjadi keuntungan yang besar untuk masa depan anda bila anda serius menjalaninya.
 
3. Uang
Hal ini merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Apakah ketika anda memilih universitas tersebut cukup dengan budget yang anda miliki? Bagaimana dengan uang makan dan kos anda sehari-hari? Apabila memang anda kurang mampu bukan berarti anda harus berhenti untuk melanjutkan kuliah. Banyak cara agar anda tetap bisa kuliah seperti beasiswa yang banyak disediakan di universitas maupun di luar universitas.
 
4. Berkomitmen
Sebelum memilih jurusan dan universitas anda harus mempertanyakan kepada diri sendiri apakah anda akan komitmen menjalani studi tersebut? Apakah anda akan bersungguh-sungguh dan selesai lebih cepat? Hal ini perlu anda pertimbangkan disamping ingin membanggakan orang tua pastilah anda memikirkan biaya kuliah yang semakin mahal.
 
5. Waktu
Anda juga perlu pertimbangkan mengenai waktu kuliah anda. Misalnya dengan mengambil jurusan tersebut berapa lama waktu yang akan anda habiskan. Ketika anda memilih jurusan dokter mungkin anda akan perlu memakan waktu 5 tahun belum lagi dengan prakter dan sebagainya baru anda akan menjadi dokter sungguhan. Anda harus pikirkan hal ini ke depan, seperti kapan akan menikah dan sebagainya.



Redaktur oleh Natalia br Barus
Klik Pulsa Murah

Artikel Terkait

Viewer : 0