Anda Ingin Sukses Ketika Wawancara??? Ini Tipsnya


Anda Ingin Sukses Ketika Wawancara??? Ini Tipsnya

BELI ULSA -Tahapan interview atau yang juga akrab disebut dengan tahapan wawancara kerja adalah tahapan yang sangat krusial dari beberapa tahap seleksi dalam perekrutan karyawan di perusahaan. Beberapa perusahaan pun sudah memiliki poin-poin tersendiri jika mereka akan melakukan perekrutan karyawan baru, yang akan mereka nilai dari beberapa tahapan seleksi.
 
Salah satu tahapan seleksi untuk bergabung dalam sebuah perusahaan adalah interview kerja. Banyak kalangan yang menilai bahwa tahapan ini adalah tahapan yang sangat menentukan, apakah ia akan bergabung atau tidak. Tapi, beberapa orang yang sudah berpengalaman pun menilai bahwa, hal yang harus dilakukan saat interview agar bisa lolos dari tahapan ini adalah menjawab dengan santai, tidak gugup dan menjawab dengan jujur.
 
Secara umum saran tersebut memang merupakan saran yang sangat ampuh, tapi yang wajib di ingat adalah semua pertanyaan yang dilontarkan, tentunya merupakan sebuah pertanyaan yang dapat menggambarkan diri Anda hingga kuantitas dan kualitas yang Anda miliki. Untuk melewati tahapan ini Anda pun sangat dianjurkan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan hati-hati, selain itu ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melalui fase krusial ini dengan sukses, berikut ulasannya.
 
Cara dan Tips Melewati Tahap Interview Kerja
  
Saat interview atau wawancara kerja biasanya, tim penilai pun telah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan mereka dan juga nilai yang akan mereka berikan dari jawaban yang Anda lontarkan, untuk melewati ini sebaiknya Anda telah mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja, antara lain:
 
Ceritakan diri Anda?
Pertanyaan ini mungkin merupakan pertanyaan yang mudah, tapi jangan salah pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan untuk menilai kualitas Anda dalam dunia kerja. Sebaiknya, sebelum menjalani wawancara kerja Anda telah mempersiapkan secara rinci dan singkat mengenai diri Anda dan jangan lupa untuk mengungkapkan rencana atau keinginan Anda saat bergabung dalam perusahaan tersebut.
 
Apa kelemahan terbesar Anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini sebaiknya Anda berkata jujur mengenai kelemahan Anda yang paling mendasar, tapi ingat ungkapkan juga mengenai cara Anda mengatasi kelemahan tersebut agar menjadi nilai tambah dalam diri Anda. Selain itu, nyatakan pula prestasi yang berhasil Anda raih dalam mengatasi masalah tersebut.
 
Alasan Anda ingin bekerja di perusahaan ini?
Dalam pertanyaan ini tim penilai akan memberikan penilaian seberapa siapnya diri Anda untuk bergabung dalam perusahaan tersebut. Untuk itu, sebaiknya Anda sudah mendapat referensi mengenai perusahaan tersebut.
 
Kenapa Anda berhenti dari perusahaan sebelumnya?
Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling krusial, Anda pun sebaiknya berhati-hati saat ingin menjawab pertanyaan ini, jangan sekali-kali memberikan jawaban mengenai keluhan Anda pada perusahaan sebelumnya. Sebaiknya Anda memberikan jawaban yang diplomatis.
 
Berapa gaji yang Anda inginkan?
Pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan yang paling penting, sebaiknya Anda telah lebih dulu mencari tahu mengenai kisaran gaji yang ada dalam perusahaan tersebut untuk posisi yang ditawarkan pada Anda. Hal yang paling penting adalah tidak mengungkapkan kisaran angka yang diluar akal sehat, sebaiknya Anda menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang diplomatis.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.


Redaktur oleh Natalia br Barus
Klik Pulsa Online

Artikel Terkait

Viewer : 3