Bagaimana Nasib Si Bangkrut Negara Yunani?


tanggal post : 06 July 2015
Bagaimana Nasib Si Bangkrut Negara Yunani?

BeliPulsa - Sebanyak 61% warga yunani menolak penghematan anggaran, sebagai syarat cair nya utang baru dari eropa dan International Monetary Fund (IMF). Ini hasil referendum yang dilakukan hari minggu kemarin. Yunani saat ini sudah berstatus bangkrut, apa nasib lanjutan nya.
Dilansir dari Cnn Senin (6/7/2015), hasil referendum tersebut bakal membuat negara ini keluar dari zona negara pengguna mata uang euro, atau disebut eurozone. Mungkin kurang dari sepekan, yunani akan di keluarkan dari eurozone.
 
  
 
Alasannya, karena status bangkrut Yunani bisa mengganggu kestabilan nilai euro, dan menggoyangkan ekonomi negara eurozone.Yunani butuh utang baru untuk hidup, dan juga menutup utangnya yang jatuh tempo.
 
Sementara Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras mengatakan, hasil referendum ini memperkuat posisi nya untuk bernegosiasi dengan kreditur. Sehingga syarat utang lebih ringan. Tsipras ingin mendapatkan utang baru yang lebih besar dengan syarat yang lebih ringan. 
 
  
 
Namun ini bakal sulit didapatkan Tsipras. Para pemimpin di Eropa mengatakan, bila referendum dilakukan, syarat utang yang diberikan bakal lebih berat.
Kanselir jerman, Angela merkel akan menemuli Presiden Francis, Francois Hollande serta para pemimpin bank sentral di eropa senin malam ini. Mereka akan membahas krisis yang terjadi pada yunani.
Bila Yunani tidak mendapatkan utang baru dari Eropa, negara ini tidak bisa membayar uang pensiun dan gaji PNS. Negara ini tidak akan bisa mencari utang dari pasar uang internasional, karena bunganya pasti akan tinggi. Bank-bank di yunani tutup karena tidak punya uang. Perbankan ini bergantung pada dana dari bank sentral eropa.


Sumber:IsiPulsa


Redaktur Reza Ananda

Artikel Terkait

Viewer : 654 User: