Kesehatan, Informasi, Tips

Bahaya Kandungan Kosmetik Hydroquinone bagi Wajah


tanggal post : 21 February 2022
Bahaya Kandungan Kosmetik Hydroquinone bagi Wajah

Pembahasan tentang skin care rasanya tak akan ada habisnya. Terdapat sebuah perdebatan antara seorang dokter kecantikan dengan selebriti tanah air mengenai krim wajah mengandung hidrokuinon. Kandungan ini kerap dianggap berbahaya untuk kulit. Sebenarnya, apakah kandungan hydroquinone untuk wajah selalu berbahaya? Apa efek sampingnya? Mari kita bahas.

Mengenal Kandungan Hidrokuinon

Menurut ahli bedah kosmetik dan plastik di New York, Amerika Serikat, David Shafer, hidrokuinon merupakan senyawa kimia yang ditemukan pada awal 1800-an dan digunakan untuk berbagai perawatan kulit.

Bahan kimia tersebut berinteraksi dengan sel penghasil melanin di kulit. Melanin adalah pigmen pada kulit yang memberikan warna cokelat. Tidak heran bila hidrokuinon banyak ditemukan pada krim pemutih wajah.

Hidrokuinon dimanfaatkan sebagai obat topikal atau untuk pemakaian luar saja. Selain pada pencerah wajah, kandungan ini bisa ditemukan pada serum, pembersih muka, dan pelembab.

Bahaya Hidrokuinon bagi Kulit

Dilansir dari Healthline, pada 1982, Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, mengakui hydroquinone terpercaya, aman, dan efektif. Namun, beberapa tahun kemudian kekhawatiran muncul tentang keamanan dari kandungan ini.

Akhirnya, FDA menarik hidrokuinon dari pasar. Badan tersebut menemukan, banyak dari produk hidrokuinon yang mengandung kontaminan seperti merkuri. Namun, sejak itu FDA telah memastikan hidrokuinon dapat dengan aman dijual bebas dalam konsentrasi dosis 2 persen. Di sisi lain, negara Inggris, Eropa, dan Jepang telah melarang penggunaan kandungan hidrokuinon pada krim pemutih wajah.

Jika menggunakan kosmetik yang menggunakan kandungan ini secara berlebihan akan memberikan efek samping yaitu bisa membuat kulit terbakar, terkelupas, kering, dan iritasi. Reaksi alergi bisa tetap muncul. Pada penggunaan jangka lama, bisa menyebabkan ochronosis yaitu terjadi perubahan warna kulit (jadi hitam kebiruan) dan muncul jerawat pula.

Manfaat Hidrokuinon dalam Penggunaan yang Tepat

Melansir Medical News Today, penggunaan hidrokuinon yang benar dapat memberi manfaat-manfaat sebagai berikut:

  1. Mengobati Melasma

Orang dengan melasma ditandai dengan bercak coklat atau abu-abu di kulit. Bercak ini cenderung muncul di wajah, seperti pipi atau hidung.

Bintik-bintik juga bisa berada di area kulit seperti lengan dan leher karena terkena paparan sinar matahari.

  1. Menyamarkan Tanda Penuaan

Bintik penuaan biasanya berkembang di area kulit karena terkena paparan sinar matahari. Biasanya, bintik ini muncul di wajah atau punggung tangan.

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri dapat menumpuk di pori-pori kulit hingga menyebabkan jerawat. Tubuh mencoba memperbaiki kerusakan. Namun, terkadang prosesnya meninggalkan bekas luka.

Nah, penggunaan krim hidrokuinon dalam batas wajar dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3647738/bahaya-kandungan-kosmetik-hydroquinone-untuk-wajah#:~:text=%E2%80%9CEfek%20samping%20yang%20muncul%20bisa,%2C%E2%80%9D%20jelas%20dr.%20Devia.


Artikel Terkait

Viewer : 66 User: