Informasi, Fakta Unik, Trending

Netizen: Valentine Bukan Budaya Kita Valentine, Hari yang Dikutuk Sekaligus Dirayakan


tanggal post : 14 February 2022
Netizen: Valentine Bukan Budaya Kita Valentine, Hari yang Dikutuk Sekaligus Dirayakan

Bagi sebagian orang, keberadaan hari Valentine menjadi sesuatu yang pantas dirayakan, namun bagi pihak lain Valentine adalah perayaan terkutuk.

Valentine atau hari kasih sayang, nama valentine sendiri disebut berasal dari salah satu santo atau orang suci dari agama kristen yang memiliki akhir kisah cinta yang tragis. Sebagian wilayah di Indonesia memang tidak melarang perayaan Valentine, namun sebagian lagi menganggap hari Valentine sebagai perayaan yang melanggar norma asusila dan agama hingga memiliki sanksinya sendiri.

Menurut mereka yang kontra, perayaan hari Valentine hanya akan menjadi peluang yang berujung pada pergaulan bebas. Hal ini memiliki potensi untuk menimbulkan sanksi sosial yang tidak hanya ditanggung pelaku, melainkan juga masyarakat. Mereka juga meenyatakan, bahwa Valentine bukan budaya Indonesia sehingga tidak sepatutnya dirayakan.

Bagi mereka yang tidak keberatan dengan perayaan Valentine, menganggap hari kasih sayang ini sebagai perayaan biasa. Perayaan Valentine adalah hak keyakinan masing-masing individu dan bukan sesuatu yang harus diributkan keberadaannya. Seperti ulang tahun, keberadaan Valentine bukanlah ritual yang harus dipersoalkan. 

Source:

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-47222657


Artikel Terkait

Viewer : 35 User: