Kesehatan, Informasi, Tips

Mengenal Kanker Payudara


tanggal post : 02 February 2022
Mengenal Kanker Payudara

Kanker merupakan mesin pembunuh paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit ini masih menjadi ancaman terbesar bagi manusia. Berbagai macam jenis kanker bisa menyerang kesehatan hingga menyebabkan kematian. Salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi pada kaum hawa adalah kanker payudara.

Kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Ciri-Ciri Kanker Payudara                                            

Kanker payudara kerap kali terlambat terdeteksi sehingga persentase kesembuhan semakin mengecil, padahal apabila ditangani dengan cepat dan tepat, kanker payudara dapat disembuhkan. Keterlambatan ini terjadi karena minimnya pengetahuan untuk rutin melakukan pemeriksaan sendiri maupun mengenali ciri yang mungkin terjadi.

Berikut adalah ciri-ciri kanker payudara:

1.     Benjolan atau penebalan jaringan di payudara, yang terasa berbeda dari jaringan di sekitarnya ketika diraba

Benjolan di payudara merupakan salah satu gejala yang paling mudah dikenali. Kemunculan benjolan tidak hanya di payudara, melainkan dapat muncul di tempat lain seperti ketiak atau sekitar dada.

Benjolan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, namun dapat dirasakan ketika disentuh. Karena itu perempuan harus rutin melakukan tindakan pengecekan payudara sendiri untuk mengetahui apabila terjadi perubahan di payudara.

2.     Perubahan pada tekstur dan warna kulit payudara

Perubahan pada tekstur kulit payudara juga menjadi salah satu ciri dari kanker payudara. Namun sayangnya, gejala ini sering dianggap sebagai infeksi kulit biasa. Padahal sel kanker bisa menyerang sel kulit yang sehat dan menyebabkan peradangan atau mengubah tekstur kulit menjadi seperti kulit jeruk.

3.     Pengelupasan kulit di areola dan payudara

Keluhan gatal di sekitar areola disertai pengelupasan kulit sekitarnya mungkin dapat disebabkan oleh dermatitis (eksim) namun dapat juga disebabkan kanker payudara (penyakit Paget). Untuk membedakannya, dibutuhkan pemeriksaan secara langsung disertai pemeriksaan diagnostik. Gejala dari penyakit Paget (salah satu jenis kanker payudara):

  • Daerah areola terasa gatal dan berwarna kemerahan

  • Lapisan kulit sekitar areola dapat menebal dan berwarna gelap dan keras

  • Keluar cairan dari puting berwarna kekuningan dan dapat disertai darah

  • Puting rata

4.     Nyeri dan pembengkakan pada payudara

Melansir Medical News Today, ciri-ciri kanker payudara tahap awal yakni sel-sel di kulit mengalami perubahan. Perubahan ini kerap memicu rasa sakit, nyeri saat ditekan, dan rasa tak nyaman pada payudara. Beberapa penderita kanker payudara ada yang menggambarkan rasa sakitnya berupa rasa panas mirip terbakar. Meskipun kanker payudara seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, penting untuk tidak mengabaikan setiap perubahan pada payudara.

Gejala awal kanker payudara selain benjolan lainnya yakni payudara atau area payudara membengkak. Ukuran payudara bisa berubah menjadi lebih besar, terutama dipengaruhi perubahan hormon seperti saat menstruasi, hamil, menyusui, dll. Waspada apabila payudara tiba-tiba membengkak, ukuran salah satu payudara berbeda jauh, atau bentuknya sangat lain dari payudara sebelahnya.Tak hanya membengkak, tanda kanker payudara lain yakni kulit di sekitar payudara juga terasa kencang.

5.     Darah keluar dari puting payudara

Cairan yang keluar dari puting padahal tidak sedang menyusui juga bisa jadi tanda gejala awal kanker payudara selain benjolan. Cairan tersebut bisa encer maupun kental. Warna juga bisa bervariasi mulai dari bening, keruh putih mirip susu, kuning, hijau, atau kemerahan.

6.     Puting payudara tertarik ke dalam

Kanker payudara dapat menyebabkan puting susu terbalik ke bagian dalam payudara. Atau, puting susu mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Dalam kondisi normal, puting susu tampilannya kerap berubah selama ovulasi atau sekitar siklus haid. Waspada jika merasakan perubahan bentuk puting susu di luar siklus haid dan perubahannya menetap. Menyadari kondisi dan perubahan pada payudara sendiri bisa jadi cara mengetahui tanda atau gejala kanker payudara.

7.     Bengkak atau benjolan di bawah ketiak

Benjolan di ketiak bisa beragam. Ada yang kecil, besar, teraba, tidak teraba, atau menimbulkan rasa sakit. Benjolan ini bisa jadi tanda pembengkakan kelenjar getah bening di bawah ketiak, kista, infeksi, iritasi, sampai kanker.

Konsumsi Makanan Pencegah Kanker Payudara

Seperti yang disering dikatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Kanker bukanlah penyakit yang mudah hilang, penuh perjuangan, kesakitan dan tentunya biaya yang harus dikeluarkan. Karena itu, dibanding harus mengobati ada baiknya kita mencegah.

Salah satu cara mencegah adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti ini:

  1. Sayuran berbonggol seperti kol, brokoli, sawi hijau

  2. Sayuran hijau seperti bayam, kale dan lobak

  3. Wortel, tomat dan jeruk

  4. Seledri, kemangi dan ketumbar

  5. Minyak zaitun

  6. Buah beri

  7. Kedelai

  8. Biji-bijan

  9. Susu tanpa lemak

10.  Bawang

Source:

https://health.kompas.com/read/2020/11/18/080800868/penyebab-benjolan-di-ketiak-dan-cara-menghilangkannya

https://www.alodokter.com/wanita-kenali-ciri-ciri-kanker-payudara-stadium-1-sebelum-terlambat

https://health.kompas.com/read/2020/10/16/121200268/8-gejala-awal-kanker-payudara-selain-benjolan?page=all

https://www.happifyourworld.com/mybody/8-gejala-kanker-payudara-yang-sering-muncul


 


Artikel Terkait

Viewer : 45 User: