Perilaku, kualitas, self value

Attitude Cerminan Kualitas Diri


tanggal post : 21 July 2020
Attitude Cerminan Kualitas Diri

ATTITUDE CERMINAN KUALITAS DIRI

 

            Banyak orang mengatakan bahwa attitude seseorang dapat mencerminkan kualitas dirinya sendiri. Pertama mari kita bahas satu per satu tentang attitude dan kualitas diri. Yang akan kita bahas pertama adalah attitude. Attitude adalah suatu perilaku atau sikap seseorang yang harus dibatasi ketika berhadapan atau berkomunikasi dengan orang lain. Attitude juga berhubungan erat dengan persiapan anda dalam menghadapi orang lain. Oleh karena itu, attitude sangatlah penting untuk dikembangkan. Karena kalau orang tidak memiliki attitude yang positif, maka dia akan gampang untuk berbuat salah atau kalah pada saat membicarakan situasi yang sangat penting. Kegugupan mental yang dirasakannya sangatlah menggoyangkan pemikirannya, sehingga dia tidak dapat berpikir dengan jernih dan semua akan kacau. Attitude yang negatif seharusnya ditingkatkan kembali untuk mengurangi rasa takut dan lebih percaya diri. Ada beberapa cara dalam memperbaiki attitude kita, yaitu:

  1. Cobalah untuk disiplin dalam segala ha
  2. Saling menghormati dan sopan satu sama lain
  3. Menerima kritik dan memperbaiki yang salah
  4. Cobalah berpenampilan lebih rapi

            Kedua, yang akan kita bahas adalah kualitas diri. Kualitas diri adalah suatu penilaian atas karakter dan sifat kita miliki sendiri. Kualitas diri kita dapat dikatakan tinggi atau rendah dihitung dari apa yang telah kita capai selama kita hidup. Bukan karena kita memiliki ekonomi yang baik sudah berarti kita memiliki kualitas diri yang tinggi. Tetapi orang dengan kualitas diri tinggi sudah pasti memiliki ekonomi yang baik.  Dalam menaikkan kualitas diri kita, ada beberapa cara, yaitu:

  1. Melakukan hal yang sesuai dengan bidang yang paling dikuasai dan didalami. Kita akan lebih mengerti dalam melakukannya , karena itulah skill atau kemampuan kita yang paling menonjol.
  2. Jika mendapat masalah, jangan panic dan tetap tenang dalam menyelesaikannya. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dan pasti ada cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  3. Dalami passion atau skillmu dan tetap focus terhadap tujuan yang ingin dicapai.
  4. Harus bisa membatasi gaya hidup, terutama dengan gaya hidup yang bersifat negative.

            Secara keseluruhan, attitude dan kualitas hidup saling berhubungan satu sama lain. Dengan attitude yang positif, dapat membuat kualitas diri kita menjadi semakin tinggi dan begitu juga sebaliknya dengan attitude yang negative dapat membuat kualitas diri kita menjadi rendah. Alasannya karena attitude dan kualitas diri saling berhubungan, maka attitude dan kualitas diri saling berdampingan dan saling mengalir di arus yang sama. Jika attitude yang dimiliki seeorang adalah positif, otomatis kualitas dirinya akan menjadi tinggi. Dan ternyata attitude adalah cerminan dari kualitas diri itu merupakan fakta yang mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Artikel Terkait

Viewer : 10