Kesehatan, Gaya Hidup, Fun Fact, Fyi

Pelukan dan Manfaatnya Bagi Jiwa


Pelukan dan Manfaatnya Bagi Jiwa

Siapa sih yang tidak suka dipeluk di dunia ini? Apalagi jika yang meluk kita orang kita sayangi. Pelukan adalah sebuah terapi yang ampuh untuk menyembuhkan aneka penyakit. Pelukan sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Taukah anda setiap orang membutuhkan pelukan setidaknya delapan kali dalam sehari. Kenapa harus delapan kali? Sebab, pelukan ternyata memiliki sejuta manfaat bagi siapa saja yang melakukannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat pelukan buat kehidupan anda :

  1. Merangsang Kinerja Hormon

Pelukan dapat merangsang kinerja hormon baik, yaitu oksitosin dan serotonin, yang membuat Anda merasa tenang, bahagia, dan menjauhkan perasaan kesepian.

  1. Meningkatkan Empati

Energi yang tersalur dari pasangan yang sedang berpelukan merupakan investasi dalam sebuah hubungan. Dapat meningkatkan empati di antara Anda dan pasangan. Pasangan Anda secara tidak langsung menunjukkan rasa empati melalui pelukan.

  1. Lebih Relaks

Pelukan ternyata juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan tekanan dari tubuh kita, dan mengatasi rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh.

  1. Memberikan Rasa Aman

Setiap orang, tak peduli umur berapa pun, pasti membutuhkan rasa aman. Menurut MD Junction, pelukan dapat membangun rasa percaya dan dapat memberikan perasaan aman.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Orang yang tumbuh dalam lingkungan keluarga di mana pelukan merupakan hal yang penting biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, karena mereka terbiasa merasa berharga dan dicintai.

  1. Pelukan Mengajarkan Kita Tentang Memberi dan Menerima

Pelukan dapat mengajarkan kepada kita bagaimana caranya memberi dan menerima. Sebuah pelukan memberikan perasaan menerima dan diterima secara bersamaan, menunjukkan bagaimana kasih sayang dapat berjalan dari dua arah.

Nah itulah beberapa manfaat dari pelukan, pelukan mengajarkan seseorang untuk melepaskan segala beban dan masalah yang sedang dihadapi dan membuat seseorang mengalir bersama energi kehidupan. Dengan berpelukan, pastinya akan merasa nyaman seperti semua masalah dan pikiran Anda ditarik keluar.  Selain itu pelukan dapat membuka jalur komunikasi dan melepaskan ketegangan dalam hubungan. Sebuah pelukan akan menjadi obat yang manjur untuk mengembalikan suasana setelah Anda dan pasangan berbaikan.


Artikel Terkait

Viewer : 21