Proklamasi Indonesia

Semangat Proklamasi Indonesia bersama Danmogot.com


Semangat Proklamasi Indonesia bersama Danmogot.com

Pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 wib, Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur no. 56 Jakarta Pusat yang saat ini menjadi Jalan Proglamasi. Pada setiap Upacara memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia akan selalu dilakukan pembacaan naskah teks proklamasi. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun di  rumah Laksamana Tadashi Maeda Jalan Imam Bonjol no.1 Jakarta Pusat, kini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang isinya adalah sebagai berikut :

Hasil gambar untuk teks proklamasi

Description: 14084289651910680131

Kemudian, Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Pada teks naskah proklamasi tertulis angka tahun 05, bukan 1945. Tahun 05 merupakan kependekan dari angka tahun 2605, tahun penanggalan yang berlaku di Jepang pada saat itu.

Walaupun mengalami berbagai hambatan, namun penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia tetap gencar dilakukan. Salah satu cara penyebaran berita dilakukan melalui kantor berita Jepang secara berulang-ulang tiap 30 menit hingga siaran berakhir pukul 16.00 sore, penyebaran informasi juga dilakukan melalui surat kabar oleh Soeara Asia di Surabaya.

Pada saat Soekarno membacakan teks Proglamasi, tidak ada yang merekam suara ataupun video pada saat peristiwa itu terjadi. Rekaman yang ada hanya berbentuk foto-foto saja saat detik-detik Proklamasi. yang sering kita dengar rekaman suara asli Soekarno membacakan teks proklamasi pada saat pengibaran mendera sang merah putih di istana negara sebenarnya itu bukanlah suara yang direkam saat 17 Agustus 1945, melainkan suara asli beliau yang direkam pada tahun 1951 di studio Radio Republik Indonesia. Perekaman suara ini dokumentasikan oleh salah satu pendiri Radio Republik Indonesia Bapak Jusuf Ronodipuro.

Kemerdekaan indonesia sudah memasuki ke-72 tahun semoga Indonesia menjadi negara yang benar-benar merdeka, bersatu, berdaulat dan bermartabat sesuai dengan yang dicita-citakan semua orang. Dengan semangat proglamasi ini kami dari Perusahaan Danmogot.com ikut serta dalam berpartisipasi menyambut detik- detik proglamasi kemerdekaan indonesia yang berlangsung 17 agustus nanti dan kita juga akan memberikan diskon besar-besaran dalam setiap pembelian produk danmogot.com, dimana kita adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang mainan anak-anak, peralatan dapur, perlengkapan rumah tangga dll. Jadi gunakanlah kesempatan ini untuk berbelanja yang murah dan meriah di toko kita Jl. Lapangan Golf Komp. CBD polonia blok DD No48-51A Medan. Semua kebutuhan anda lengkap dan tersedia di danmogot.com. Untuk saat ini Gokart Rambo 75cc dibandrol dengan Harga Rp 4 juta saja dari harga sebelumnya Rp 7,5 juta. Gokart 75 cc adalah salah satu produk andalan Danmogot.com karena Gokart ini bisa dikendarai orang dewasa padahal ini termasuk mainan anak-anak umur 13 tahun ke bawah, jadi bagi anda yang sayang anak, bisa langsung memperolehnya di Danmogot.com.


Artikel Terkait

Viewer : 3