Ulasan Ban

Pengertian Nitrogen dan Oksigen


tanggal post : 03 December 2015
Pengertian Nitrogen dan Oksigen

Pasti kalian sering mendengar atau melihat tukang tambal ban mengisi ban dengan angin biasa atau menggunakan Nitrogen. Mau tau perbedaan keduanya, simak ulasan mr.BoB tentang pengertian oksigen dan nitrogen berikut. 

Pengertian Oksigen

Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumi. Oksigen secara terpisah ditemukan oleh Carl Wilhelm Scheele di Uppsala pada tahun 1773 dan Joseph Priestley di Wiltshire pada tahun 1774. Temuan Priestley lebih terkenal oleh karena publikasinya merupakan yang pertama kali dicetak. Istilah oxygen diciptakan oleh Antoine Lavoisier pada tahun 1777, yang eksperimennya dengan oksigen berhasil meruntuhkan teori flogiston pembakaran dan korosi yang terkenal. Oksigen secara industri dihasilkan dengan distilasi bertingkat udara cair, dengan munggunakan zeolit untuk memisahkan karbon dioksida dan nitrogen dari udara, ataupun elektrolisis air, dll. Oksigen digunakan dalam produksi baja, plastik, dan tekstil, ia juga digunakan sebagai propelan roket, untuk terapi oksigen, dan sebagai penyokong kehidupan pada pesawat terbang, kapal selam, penerbangan luar angkasa, dan penyelaman.

ciri ciri oksigensifat fisika oksigensifat atom oksigen
Gambar : Sifat Oksigen

Pengertian Nitrogen

Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya. Nitrogen mengisi 78,08 % atmosfer Bumi dan terdapat dalam banyak jaringan hidup.

Nitrogen secara resmi ditemukan oleh Daniel Rutherford pada 1772, yang menyebutnya udara beracun atau udara tetap. Pengetahuan bahwa terdapat pecahan udara yang tidak membantu dalam pembakaran telah diketahui oleh ahli kimia sejak akhir abad ke-18.

ciri umum nitrogensifat fisika nitrogensifat atom nitrogen
Gambar : Sifat Nitrogen

Untuk informasi apakah ban dengan nitrogen lebih baik dibandingkan dengan angin biasa akan dibahas pada artikel berikutnya. [OTO/AKM]

[Baca Juga:Perbedaan Nitrogen dan Oksigen Pada Ban]


Artikel Terkait

Viewer : 3023 User: