Jangan Pernah Takut Gagal Untuk Memulai Bisnis Online


tanggal post : 08 August 2015
Jangan Pernah Takut Gagal Untuk Memulai Bisnis Online

Seseorang tidak akan pernah gagal apabila ia tidak berhenti dan kemudian menyerah. Sering kita mendengar bahwa untuk sukses, kita harus menjadi pribadi yang pantang menyerah. Ketika seseorang menyerah dan kemudian keluar dari arena permainan, maka saat itu jugalah ia gagal.Bagaimana kalau kita jatuh saat membangun bisnis? Sudah tentu kita harus bangkit dan kembali melanjutkan permainan.Dalam konteks bisnis internet, banyak orang yang mulai membangun bisnisnya dengan semangat, lalu setelah bergulirnya waktu, mereka tidak kunjung mendapatkan apa yang diharapkan. Alhasil semangat menjadi pudar dan memutuskan untuk berhenti. Ketika mereka berhenti dan keluar dari permainan, saat itu mereka gagal. Websitenya dibiarkan begitu saja, upayanya dibiarkan berakhir, dan kegagalan pun datang berkunjung.

Jika tidak ingin gagal maka jangan pernah menyerah.

Penyebab Gagal 1 : Terlalu Banyak Informasi Karena Terlalu Banyak Beli Tutorial Tapi Tidak Dipraktikkan
Sering pula saya jumpai, pendatang baru yang terlalu banyak membeli tutorial dan tidak mempraktikkan tutorial tersebut. Orang-orang seperti ini kerap disebut sebagai tukang koleksi tutorial. Mereka hobi membeli tutorial bisnis online seharga ratusan ribu atau bahkan jutaan Rupiah, tetapi tidak pernah mempraktikkan pengetahuan dan metode dalam tutorial tersebut.

Ambil contoh si A. Si A ingin berbisnis online affiliate marketing , tetapi ia malah membeli segala macam tutorial bisnis online. Mulai dari tutorial toko online, tutorial Google AdSense, hampir semua topik tutorial ia beli. Bukannya berhasil membangun bisnis, si A malah jadi tukang koleksi tutorial. Tak hanya itu, si A juga akan mengalami kebanjiran informasi. Terlalu banyak informasi bisa membuat kita bingung ke mana dan bagaimana harus melangkah. Ujung-ujungnya, karena kebingungan malah bisa saja kita tidak melakukan apa-apa.

Tidak ada yang salah dengan membeli tutorial, asalkan itu memang kita butuhkan. Tidak hanya sekadar dibeli, tutorial juga harus dipraktikkan. Beli satu tutorial yang memang betul-betul dibutuhkan, lalu praktikkan tutorial tersebut. Baru setelah kita berhasil, kita kembali menambah pengetahuan. Hidup itu perlu berproses dan tidak bisa sekaligus langsung jago dalam segala hal.

Penyebab Gagal 2 : Tidak Praktik Tapi Hanya Mengeluh
Saya juga pernah menjumpai orang yang minta nasihat dan masukan seputar bisnis online. Setelah orang tadi saya berikan nasihat, dia malah terus membantah dan beralasan. Ia mengeluhkan ia bingung harus mulai dari mana. Lalu saya pun memberikan saran dan video pengenalan tentang model bisnis online. Kembali lagi si teman tadi beralasan bahwa ia malas mengakses video karena ia sedang online dari handphone.
Tak lama berselang, ia kembali bertanya. Saya pun kembali memberikan masukan. Lagi-lagi masukan saya dimentahkan dengan keluhan dia. Hanya dalam beberapa menit, saya memutuskan untuk membiarkan orang tersebut dan tidak lagi berkomunikasi dengan dia. Kalaupun dia mau belajar dan menghentikan keluhan, silakan hubungi saya kembali.Menjadi pribadi yang pengeluh bukanlah sebuah posisi yang enak. Selain akan terlihat pesimis, para pengeluh tidaklah menarik bagi orang lain. Yang ada malah para pengeluh akan dijauhi oleh orang-orang positif yang siap mendukung mereka.Ketika kita hanya mengeluh dan tidak pernah praktik/berupaya maka kita sudah membangun jembatan menuju kegagalan.

Penyebab Gagal 3 : Memahami Bisnis Online Hanya Sepotong-Sepotong
Penyebab gagal lain yang juga kerap saya jumpai adalah sebagian pendatang baru hanya memahami bisnis online secara sepotong-potong, tanpa memahami keseluruhan bisnis online. Ada yang mengira bahwa bisnis online itu adalah mengklik iklan lalu dibayar, ada pula yang mengira bahwa bisnis online itu adalah bisnis arisan uang, dan sebagainya. Orang-orang seperti ini tidak memahami keseluruhan (gambar besar) bisnis online. Ketika tahu hanya sepotong-sepotong, persepsi mereka cenderung salah.
Untuk meraih sukses dalam bisnis online, kita perlu memahami bisnis online secara keseluruhan. Ketika kita memahami bisnis online secara keseluruhan maka kita akan tahu seperti apa bisnis online itu. Kita akan tahu cabang-cabang dari bisnis online, kita akan tahu beragam model bisnis online. Dengan pengetahuan-pengetahuan tersebut kita tahu strategi seperti apa yang perlu dipakai, pendekatan seperti apa yang harus digunakan, dan kita akan tahu bagaimana cara mencapai keberhasilan dalam bisnis online.Ketika seseorang memahami berbagai model bisnis online, mereka akan mulai tahu mana bisnis yang paling cocok untuk mereka.

Itulah 3 penyebab gagal yang paling sering saya jumpai dalam bisnis online. Penyebab utama kegagalan adalah ketika seseorang tidak melakukan upaya apapun untuk mengubah nasibnya (berdiam diri). Selain berdiam diri (tidak praktik),  penyebab kegagalan lainnya adalah ketika seseorang menyerah dan tidak melanjutkan (keluar dari arena permainan).Tetap semangat dan jangan pernah menyerah,langkah awal anda yang akan menentukan keberhasilan anda.Bisa anda mulai dengan mendaftarkan diri di Affiliasi Danmogot.

Redaktur oleh Rianggalih


Artikel Terkait

Viewer : 149 User: