Teknologi Terbaru Yang Terdapat Pada Mobil


tanggal post : 16 July 2015
Teknologi Terbaru Yang Terdapat Pada Mobil

Teknologi pastinya akan terus berkembang dengan seiring perjalanan waktu. Perkembangan teknologi tersebut seiring dengan kebutuhan pasar yang semakin kompleks, dan kemudian direspons dengan adanya trobosan terbarudan mutakhir yang dilakukan oleh para produsen otomotif. Ini lah teknologi terbaru yang dibuat oleh produsen otomotif.

  • Konektivitas ke smartphone

Gaya hidup saat ini membuat masyarakat kini tidak dapat melepaskan smartphone dari semua kegiatannya. Hal ini membuat produsen otomotif untuk berinovasi. Hingga lahirlah fitur konektivitas smartphone ke pusat multimedia mobil sehingga pengguna kendaraan dapat berbagi data media dari smartphone ke multimedia mobil dengan cepat. Aktivitas komunikasi seperti menelpon juga dapat disambungkan ke mobil dengan jaringan bluetooth sehingga pengemudi bisa tetap menelpon tanpa mengganggu konsentrasi dalam mengemudikan kendaraannya.

  • Bodi dan rangka ringan

Dengan bobot yang makin berkurang, maka konsumsi bahan bakar pun bisa berkurang.

  • Mesin hybrid

Beralih ke mobil kelas menengah yang irit BBM, maka teknologi yang kini digunakan adalah teknologi mesin hybrid. Dengan mengkombinasikan mesin berbahan bakar minyak dengan motor listrik, maka tingkat konsumsi bahan bakar pun menjadi kurang secara drastis dan membuat mobil menjadi irit. Penerapan mesin hybrid di mobil sedan, SUV, hingga MPV ini juga diklaim lebih ramah lingkungan sehingga berdampak baik bagi generasi yang akan datang.

  • Direct Injection

Direct injection (injeksi langsung) merupakan penyempurnaan lebih lanjut dari Fuel Injection. Sesuai dengan namanya, Direct Injection memungkinkan Fuel Injection untuk melewati sebuah langkah yang menambah efisiensi mesin dengan menambah tenaga dan lebih menghemat konsumsi bahan bakar. Pada mesin Direct Injection, komputer yang tertanam pada mesin memastikan bahan bakar dibakar tepat saat dibutuhkan, dan mengurangi terbuangnya bahan bakar secara sia-sia. Dalam beberapa hal membuat mesin bertenaga bensin mirip dengan mesin diesel yang selalu menggunakan Direct Injection.

  • Rear Traffic Crossing

Rear Traffic Crossing adalah teknologi yang digunakan untuk mendeteksi kendaraan yang ada dibelakang  ketika kita memindahkan kendaraan. Jadi, Anda dapat menggunakan sistem radar untuk membantu Anda. Sistem radar akan aktif setiap kali Anda memindahkan mobil Anda kembali dan akan memperingatkan pengemudi jika ada mobil mendekat dengan memunculkan ikon dan suara.

  • Inflatable Sabuk Pengaman

Mobil-mobil yang diproduksi pada tahun 2010 atau di atasnya memiliki sabuk karet untuk melindungi penumpang yang duduk di kursi belakang. Ketika sensor mendeteksi dampak kecelakaan, kantung udara di dalam sabuk duduk mengandung gas dingin yang telah dikompresi akan memperluas dan melindungi dampak dari tabrakan.

  • Collision Warning with Brake Assist

Teknologi yang dikembangkan  ini membantu pengemudi untuk menghindari tabrakan dengan mobil yang berada di depan. Sensor radar dapat mendeteksi kendaraan yang bergerak lambat di depan dan mengirim sinyal “visual heads-up” dan peringatan yang memperingatkan pengemudi akan risiko tabrakan. Jika pengemudi tidak bereaksi dengan cepat atau refleks, sistem ini bahkan dapat mengaktifkan rem secara otomatis. Sistem ini mulai ditrapkan beberapa mobil high-end, seperti Mercedes E-kelas, namun pabrikan Ford juga mulai menerapkan pada ford Taurus 2010nya.

  • On-board Computer

Mesin berkembang semakin canggih pastinya memiliki berbagai bagian yang bergerak dan sejumlah proses berbeda yang berlangsung secara bersamaan. Itulah sebabnya segalanya pada mobil modern diatur oleh On-board Computer yang disebut Engine Control Unit (ECU).ECU memastikan seluruh proses seperti waktu pengapian, campuran udara / bahan bakar, injeksi bahan bakar, kecepatan idle, dan lainnya bekerja sebagaimana semestinya. ECU memonitor apa yang terjadi di dalam mesin menggunakan beragam sensor dan melakukan jutaan perhitungan setiap detik untuk menjaga agar semuanya beroperasi dengan benar. Komputer lain didalam mobil mengontrol berbagai hal lainnya seperti sistem kelistrikan, airbag, suhu interior, kontrol traksi, ABS dan transmisi otomatis.

 

HandMade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 162 User: