Sejarah & Ciri Khas Motor Trail


tanggal post : 15 July 2015
Sejarah & Ciri Khas Motor Trail

Membicarakan dunia otomotif rasanya tak akan ada habisnya, terutama motor trail. Motor jenis ini memiliki keunggulan sendiri. Motor trail merupakan hasil dari modifakasi sepeda motor untuk medan nonaspal atau off road. Rupanya pamor motor trail mulai ada peningkatan peminat komunitas pecinta motor trail. pengguna trail sekarang tak hanya untuk crosser saja, orang awam pun mulai menggunakan motor trail. Mereka menggemari motor trail untuk kendaraan harian maupun sekadar melampiaskan adrenalinnya menaklukan medan off road.

Sejarah Motor Trail

Awalnya sebelum lahir motor trail, sudah ada sepeda motor biasa. Pabrikan motor di Eropa maupun di Jepang masih bersaing memproduksi motor dengan mesin besar. Kira- kira pada dekade 30-an ketika era perang dunia terjadi di Eropa, sejarah motor trail bermula dari Shozo Kawasaki, Jepang. Shozo Kawasaki, pionir motor trail, awal usahanya bergerak dalam bidang perakitan alat-alat perang, seperti pembuatan rudal, mobil tempur, dan peranti pendukung militer lainnya. Kemudian Shozo Kawasaki menjalin kerjasama dengan pabrikan BMW guna membangun pabrik perakitan pesawat.

Kemudian Kawasaki mulai memproduksi sepeda motor dua tak. Setelah Perang Dunia II berakhir, Kawasaki mulai fokus terhadap produksi sepada motor empat tak. Termasuk memproduksi motor-motor segala medan atau motor trail. Pada waktu itu motor trail menjadi kebutuhan guna menunjang pekerjaan di lapangan. Hingga kemudian muncullah kompetisi balap motor cross yang medan lintasannya berupa tanah dengan sejumlah rintangan atau bowl. Sejak itu pabrikan motor Jepang satu persatu memproduksi motor trail. Demikian juga Shozo Kawasaki perintis motor trail mulai menciptakan motor sport. Sampai sekarang Kawasaki Motor terkenal dengan produsen motor sport terbesar di dunia.

Ciri Khas Motor Trail

Motor trail memiliki kelebihan yang tak ada pada motor lain. Berikut ini sedikit ciri dari motor Trail.

- Mesin Motor
 
Pabrikan motor trail mengeluarkan dua jenis motor trail yakni two strokes dan four strokes. Namun, ciri khas mesin motor trail adalah power, akselerasi dan durabilitas yang tinggi. Contohnya mesin Kawasaki KLX 150 dan KLX 250 CC, konsumsi bensin untuk kedua motor ini tergolong irit.

- Suspensi
 
suspensi adalah benda bagian motor yang bertugas meredam getaran saat motor berjalan pada lintasan yang tak datar. Letak suspensi motor trail di depan dan di belakang. Suspensi depan berbentuk garpu, ujung bawah mengait ban depan dan rem, sedangkan ujung atas tempat dudukan stang serta speedometer. Suspensi belakang pada motor trail bersifat monoshock, dipasang di tengah bodi motor. Suspensi monoshock lebih efektif meredam getaran ekstrem ketika melintas medan berat atau ketika motor jumping.

- Roda Bergerigi
 
Roda motor trail berbeda dengan motor on road. Motor trail dipakai pada medan tanah maupun lumpur, jadi motor trail perlu roda yang memiliki gerigi agar daya gesek dengan tanah bisa lancar dan mampu melibas lintasan lumpur. Roda depan dan roda belakang pada motor trail jenisnya berbeda termasuk ukurannya. Bentuk roda depan cenderung ramping, dengan alur gerigi lebih kecil. Roda belakang ukurannya relatif besar dan tebal karena tugas roda belakang menahan beban berat ketika motor berjalan.

- Bodi Motor


Bodi motor trail biasanya lebih ramping, fungsinya agar lebih luwes dalam bermanufer di medan off road. Selain itu, ground clearance motor trail lebih tinggi dari pada motor biasa. Bodi motor trail terbuat dari rangka baja yang ringan.

 

Handmade@MNUGROHO


Artikel Terkait

Viewer : 720 User: