Debu Vulkanik Sinabung Selimuti kota Medan


tanggal post : 17 June 2015
Debu Vulkanik Sinabung Selimuti kota Medan

Debu vulkanik sinabung  kembali mengguyur beberapa daerah di kota Medan. Kawasan yang terkena hujan abu Sinabung adalah kawasan Padang Bulan, Marendal, Medan Amplas dan kawasan Medan Polonia. Sejumlah ruas jalan di Kota Medan, terlihat beberapa kendaraan yang melintas diselimuti abu berwarna putih yang diperkirakan debu vulkanik Gunung Sinabung tersebut.

Debu vulkanik tersebut dibawa angin dari arah Kabupaten Karo yang memiliki kecepatan sekitar 15-20 knot yang menuju arah barat daya Sumatera.

Meski terkena dampak hujan debu vulkanik, aktivitas warga masih berjalan normal. Warga juga menggunakan masker untuk menghindari dampak penyakit akibat debu vulkanik.

Berdasarkan data yang ada Gunung Sinabung terakhir erupsi pada Rabu 17 Juni 2015 sekitar pukul 06.50, dengan jarak luncur awan panas sejauh 3.000 meter, mengarah ke Tenggara dan tinggi kolom abu 500 meter.

Sejak dua pekan terakhir, Gunung Sinabung terus erupsi dan meluncurkan awan panas. Akibatnya sebanyak 10.714 warga dari 6 desa dan 1 dusun terpaksa diungsikan.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan radius bahaya sejauh 7 kilometer arah selatan dan tenggara. 

Redaktur : Armansyah @ Danmogot


Artikel Terkait

Viewer : 148 User: