Info Tentang Google Glass


tanggal post : 27 January 2016
Info Tentang Google Glass

kacamata, kacamata pintar, kacamata google, kacamata tanpa lensa, kacamata canggih, kacamata simple, glass, glasses, google glasses, smart glasses

0522380glass-12780x390Tampilan Google Glass ketika dipakai. Tampilan layar ada di pojok kanan atas

Dahulu kacamata hanya digunakan bagi seseorang yang memiliki masalah dalam membaca ataupun masalah penglihatan dalam jarak dekat dan jauh. Seseorang yang menggunakan kacamata terlihat seperti orang yang sangat serius dan pemikir. Bahkan di Negara Barat, seseorang yang menggunakan kacamata identik dengan seseorang yang kutu buku atau kurang pergaulan. Namun, Google menyulap kacamata menjadi barang yang canggih yaitu Google Glass. Bukan sekedar membantu penglihatan saja tetapi membantu dalam menunjukkan rute jalan yang diakses melalui internet.

google_glass-800x450

Tidak hanya itu saja, kacamata pintar ini dapat melakukan fungsi seperti tablet dan ponsel pintar. Aplikasi sosial media yang saat ini menjadi tren seperti Twitter dan Facebook juga tersedia di perangkat ini yaitu GlassTweet dan Glass to Facebook. Meskipun, aplikasi GlassTweet dan Glass to Facebook belum resmi (unofficial) tetapi sudah dapat digunakan untuk mengirim tweet dan mengakses Facebook melalui kacamata pintar ini. Aplikasi Glass to Facebook belum lengkap seperti melihat timeline dan mengirim pesan, namun dapat untuk mengunggah gambar yang diambil dari perangkat Google Glass ke akun Facebook. Kemudahan yang ditawarkan Google Glass tentunya sangat menggiurkan banyak pihak.

1397538231000-XXX-money-graham-20140214-094819

Kacamata pintar Google Glass adalah sebuah komputer yang dapat dipakai/dikenakan dengan head mounted display/bagian kepala yang dipasangi kamera sedangkan frame dari kacamata ini tidak menggunakan lensa. Google Glass menampilkan informasi layaknya ponsel pintar seperti format hands-free yang berinteraksi dengan internet melalui perintah suara. Glass Explorer tidak dapat digunakan oleh orang yang memakai kacamata dengan masalah penglihatan. Namun, di masa mendatang Google Glass akan bekerja dengan frame dan lensa yang sesuai kebutuhan pengguna dengan masalah penglihatan. Google glass dapat dibuat secara modular dan dapat melengkapi kacamata normal.

Fitur Google Glass Video dan Foto Google Glass memiliki kemampuan untuk mengambil foto dan merekam video HD 720p. Sementara untuk rekaman video, cahaya perekam akan ditampilkan di bagian atas mata, yang terlihat oleh pengguna. Aplikasi Google Glass akan menggunakan banyak aplikasi Google yang sudah ada, seperti Google Now, Google Maps, Google +, dan Gmail. Aplikasi Pihak Ketiga Google merilis Mirror API (application programming interface) yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi untuk Glass (Glassware). Saat ini, tidak dipungut biaya atau adanya pemasangan iklan dalam aplikasi yang ada di Glass namun di masa depan dapat memungkinkan dikenakan biaya atau pemasangan iklan. Perintah suara Fitur perintah melalui suara ini merupakan alternatif input untuk Google Glass. Pengguna dapat mengaktifkannya dengan mendongakkan kepala sebesar 30 derajat atau mengucapkan kalimat “Ok, Glass” yang kemudian diikuti dengan perintah suara yang dapat dikenali oleh Google Glass mulai dari perintah sederhana seperti “Take a picture”, “Give me direction to Eiffel Tower”, sampai perintah untuk mengirimkan email dengan menuliskan isi email tersebut melalui suara.   Spesifikasi teknis

Untuk spesifikasi teknis, unit Explorer pengembang antara lain:

  • Android 4.0.4 dan lebih tinggi
  • Meiliki resolusi layar 640 × 360
  • Kamera 5 megapiksel dan mampu merekam video 720p
  • Memiliki fasilitas Wi-Fi 802.11b/g
  • Memiliki fasilitas bluetooth
  • Penyimpanan 12GB hingga 16GB
  • Texas Instruments OMAP 4430 SoC 1.2GHz dual (ARMv7)
  • Memiliki memori 682MB
  • Memiliki 3 axis gyroscope
  • Memiliki 3 axis accelerometer
  • Memiliki 3 sumbu magnetometer (kompas)
  • Memiliki fasilitas penginderaan ambient light sensor jarak

Kelebihan dan Kekurangan

Sama seperti produk teknologi lainnya, Google Glass juga memiliki sisi positif maupun negatif. Hal ini menyebabkan perlunya kebijakan pengguna dalam menggunakan Google Glass. Kelebihan Google Glass adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Asisten Pribadi. Alat ini mampu menjadi asisten pribadi bagi para eksekutif yang biasanya mempunyai jadwal yang begitu padat. Melalui aplikasi Google Now, Google Glass dapat mengingatkan tentang janji dengan seseorang, sampai mengatur jadwal meeting.
  2. Sebagai Pusat Informasi Secara Cepat. Ketika membutuhkan informasi tentang sesuatu, pengguna dapat memerintahkan Google Glass untuk mencari informasi memakai Google Search Engine. Dan kerennya, fitur ini mampu diaktifkan memalui perintah suara (Voice commands).
  3. Sebagai Alternatif Fashion yang High-Tech. Banyak pameran fashion yang menyertakan Google Glass sebagai aksesori tambahan yang keren. Hal ini membuktikan bahwa memakai Google Glass dapat menambah nilai gengsi sosial penggunanya.

Selain sisi positif, tentu saja Google Glass juga mempunyai sisi negatif, diantaranya:

  1. Memberi Beban Lebih Terhadap Mata. Pemindahan fokus mata yang terlalu sering dari pandangan nyata ke Google Glass, dapat menurunkan kemampuan otot mata dalam menentukan fokus.
  2. Kemungkinan Terlanggarnya Privasi. Hal ini sangat beralasan, karena Google Glass memungkinkan penggunanya untuk mencari informasi mengenai seseorang yang sedang dihadapi hanya menggunakan suara. Selain itu, pengguna dapat memotret seseorang tanpa diketahui, mengunggah ke media sosial tanpa persetujuan orang yang difoto, bahkan dapat mencari orang tersebut melalui Google Web Image Search.

Artikel Terkait

Viewer : 127 User: