Fakta Unik Seputar Black Hole


Fakta Unik Seputar Black Hole

Black hole ( lubang hitam ) merupakan objek luar angkasa dengan kekuatan gravitasi yang sangat kuat bahkan cahaya pun akan tersedot ke dalamnya. Berikut adalah fakta unik yang mungkin belum anda ketahui :

1. Black hole hanya bisa dideteksi dengan gelombang radio atau sinar x. Dengan melihat fenomena disekitarnya ketika sebuah bintang mendekati black hole bintang itu akan hancur dan tersedot ke dalamnya.

2. Bumi cukup aman dari ancaman black hole. Meskipun ada hipotesis yang mengatakan bahwa pusat dari galaksi bima sakti ialah sebuah black hole. setidaknya kita bisa bernafas sedikit lega melihat jaraknya yang cukup jauh yaitu sekitar 26.000 tahun cahaya.

3. Black hole terbentuk dari bintang mati. Sebuah ledakan bintang yang disebut supernova menyisakan materi yang tertinggal menjadi suatu area dengan densitas yang tak terhingga dengan hampir tak mempunyai volume. itulah yang di sebut sebagai black hole.

4. Variasi ukuran black hole beragam. Setidaknya ada 3 variasi ukuran yang dimiliki oleh black hole. yang terbesar biasanya terdapat pada pusat galaksi yang memiliki masa satu juta kali masa matahari. dibawahnya ada yang seukuran dengan besar suatu bintang dan yang terkecil sebesar atom atau sebuah gunung.

5. Waktu didalam black hole berjalan lebih lambat. Sesuai dengan teori relativitas Einstein dimana waktu akan bergerak lebih lambat ditempat yang mempunyai gravitasi besar. Gravitasi black hole sangat kuat menyebabkan perbedaan waktu dengan wilayah disekitarnya. Itulah beberapa fakta seputar black hole semoga bermanfaat.

www.danmogot.com
Redaktur : Outlet Pekanbaru


selamat hari puasa

Artikel Terkait

Viewer : 4