Harddisk SSD Flashdisk mana yang lebih awet


tanggal post : 28 October 2015
Harddisk SSD Flashdisk mana yang lebih awet

Dilelang.id Anda pasti sering menyimpan data file seperti software, images , document word  ke Harddisk, SSD, atau Flashdisk . tentunya kecewa jika data yang kita simpan di Harddisk, SSD ,Flashdisk rusak mungkin bisa diakibatkan karena virus atau hal yang lain data rusak ketika ingin mengcopy ke Harddisk, SSD, atau Flashdisk tiba-tiba listrik mati . kita perlu tahu filosofi tidak ada yang abadi di dunia ini hehehe . Anda pasti berfikir berapa lama file berharga yang dimiliki di dalam media penyimpanan seperti ,Harddisk, SSD, dan Flashdisk bisa bertahan lama di sana? artikel ini kita akan membahas dan menjelaskan tentang daya tahan dari setiap media penyimpanan yang sangat populer di masyarakat , yang mana storage / media penyimpanan  yang paling tahan banting dan awet ? Harddisk Harddisk merupakan storage / media penyimpanan yang menggunakan komponen bergerak seperti disk yang berputar dan magnetic head . apabila magnetic head tersebut mengenai disk maka bisa dipastikan data yang ada di dalam Harddisk akan rusak . Harddisk SSD Flashdisk mana yang lebih awetnah untuk penyebab terjadinya insident tersebut bisa diakibatkan mulai dari aliran listrik yang mati mendadak, benturan fisik yang keras, bahkan kesalahan produksi. Menurut hasil data penelitian yang dilakukan terhadap 25 ribu HardDisk hasilnya  5 persennya rusak di tahun pertama, sisanya akan bertahan hingga tahun keempat.

Melebihi tahun keempat tersebut, terjadi peningkatan kerusakan terhadap 11,8 persen drive, dan 74 persennya akan bertahan melebihi 4 tahun tersebut. Disamping itu juga anda harus menjaga Harddisk untuk selalu jauh dari benda-benda yang mengandung magnet yang tinggi, mengingat hal tersebut akan membawa risiko buruk terhadap data di dalamnya. Solid State Drive (SSD) Solid State Drive (SSD) merupakan media penyimpanan data yang sangat populer sekarang ini . Solid State Drive (SSD) memilliki kelebihan yang tidak dimiliki harddisk seperti tahan guncangan sampai proses Read dan write yang super cepat. Hal ini disebabkan perangkat dari Solid State Drive (SSD) ini tidak menggunakan komponen bergerak di dalam nya untuk menyimpan data. Harddisk SSD Flashdisk mana yang lebih awet Solid State Drive (SSD) juga memiliki kelemahan dalam proses read dan write .masing-masing blok yang terdapat pada Solid State Drive (SSD) hanya sanggup melakukan proses read dan write hingga ribuan kali dan tentu saja proses ribuan kali dapat ditempuh selama bertahun-tahun . Jika proses read dan write ribuan kali tersebut habis data di dalamnya akan menjadi read-only dan tidak akan hilang. kelemahan lainnya pada Solid State Drive (SSD) yaitu rentan terhadap gangguan suplai listrik , jika listrik padam tiba-tiba , maka data di dalam Solid State Drive (SSD) akan riskan terjadinya corrupt. nah timbul pertanyaan seberapa awet SSD itu ? menurut data Dell SSD bisa awet paling buruk selama 3 bulan dan paling lama awet bisa sampai 10 tahun . Flash Disk Flash Disk merupakan media penyimpanan yang paling populer di dunia dan sangat banyak pemakainya karena dengan harga yang murah dan efisien bisa gampang dibawa kemana mana . Namun untuk kualitas Flash Disk masih dibawah media penyimpan Solid State Drive (SSD) .

Harddisk SSD Flashdisk mana yang lebih awet Flash Disk bukan diperuntukkan untuk menyimpan file dalam waktu yang lama.Flash Disk lebih berfungsi memindahkan suatu file dari satu perangkat ke perangkat yang lain secara praktis.Jika semakin sering proses pemindahan data melalui flash disk tersebut dilakukan maka daya tahannya akan terus menurun.  kesimpulannya Flash Disk dapat digunakan bertahun-tahun jika digunakan secara normal, namun Flash Disk bahkan hanya dapat bertahan beberapa bulan saja apabila digunakan secara berat dan terus menerus.

Bagaimana pendapat anda Silakan tulis pendapat anda pada kolom comment di bawah ini.anda boleh silahkan shared ya ke twitter dan facebook ya terima kasih. Anda  bisa ikutan lelang barang di www.dilelang.id dengan bid penawaran dimulai Rp.1  untuk cara mengikuti lelang bisa kunjungi web kami  dan jadilah pemenang lelang [embed]https://youtu.be/zGiGoJqofwk[/embed]

Artikel Terkait

Viewer : 154 User: