1000 jenis tanaman obat serta khasiatnya


tanggal post : 17 September 2015
1000 jenis tanaman obat serta khasiatnya

Dilelang.id kita sangat bersyukur di indonesia terkenal akan kekayaan rempah-rempah dan berbagai jenis tanaman yang kaya akan khasiat.  Dari zaman nenek moyang kita sudah menggunakan tanaman obat atau tanaman herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. masih banyak tanaman obat atau tanaman herbal yang  kita belum tahu khasiatnya dan pastinya nenek moyang kita tahu dan tidak di turunkan ke pada anak cucu ada sih tapi tidak semua mungkin karena terlalu banyak tahu jadi banyak lupanya juga hehehe.

tanaman obat atau tanaman herbal sangat banyak sekali jenisnya dan manfaatnya, dari mulai mampu mengobati penyakit kelas ringan bahkan penyakit sampai ke penyakit kelas berat.dah seperti tinju aja hehehe.tanaman obat yang berkhasiat dan banyak di jumpai di sekitar rumah yaitu ; Daun Dewa (Gynura Divaricata) entah dari mana neh nama daun dewa tapi sesuai dengan nama nya .Daun Dewa dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Dewa mengandung minyak atsiri, saponin dll. Daun Dewa bisa digunakan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun Pencegah datangnya Penyakit Stroke. Mampu juga mengobati luka memar dan Penurun Darah Tinggi. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) biasa banyak penjual jamu menyajikan Temulawak ,  Temulawak tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu.temulawak mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati. Jarak (Ricinus Communis) di indonesia tanaman ini berbeda-beda cara penamannya tapi tanamannya sama , Jarak biasa disebut Kaliki di Jawa Barat, Jarak biasa disebut Dulang di Sumatra , dan arak biasa disebut Kalek Dimadura. Jarak memiliki khasiat atau manfaat pada akarnya digunakan sebagai anti rematik dan mampu menenangkan nyeri rematik tersebut.

 Seledri (Apium Graviolens) nah yang ini juga tidak asing lagi sering kita jumpai digunakan sebagai penyedap rasa dan Seledri juga berfungsi sebagai obat alami karena kaya akan kalsium, fosfor dll.seledri bisa dipakai sebagai Obat Asam Urat. Caranya Cukup rebus beberapa biji seledri untuk segelas air didihkan lalu minum setiap pagi. Blustru (Luffa Aegyptica Mill) Blustru biasa disebut Ketela Manis ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Blustru berkhasiat sebagai Obat Asma, Caranya cuci telebih dahulu daun blustru muda simpan diatas nasi panas (bisa disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu makanlah sebagai lalaban setiap hari. Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack) tanaman ini banyak dijumpai  di daerah Kalimantan ,Pasak Bumi khasiatnya membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu juga mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. sudah banyak dijual Pasak Bumi dalam bentuk bubuk.


Artikel Terkait

Viewer : 123 User: