tips dan trik merawat sepeda motor


tanggal post : 28 September 2015
tips dan trik merawat sepeda motor

dilelang.id Pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang busi , piston dan mengatasi motor mogok mendadak kali ini kita akan membahas tips dan trik merawat sepeda motor pastinya anda semua memiliki sepeda motor karena semua aktivitas semua orang menggunakan sepeda motor dari hal kecil saja mau membeli sesuatu di warung atau di minimarket pastinya mengunakan sepeda motor hal ini menjadikan sepeda motor menjadi kebutuhan sehari-hari .

bahkan sekarang ada juga jasa ojek online atau gojek yang penggunanya dan pekerja ojeknya sangat banyak, agar sepeda motor anda awet lakukan perawatan secara rutin .seperti service , periksa kendaraan anda seperti busi cek berkala, ban luar dan ban dalam ,baterai dll.

untuk ban dalam anda harus mengetahui kapan waktunya mengganti ban . bukan berarti Anda dapat terus memakainya, dan baru menggantinya jika ban dalam sudah rusak. Ban dalam tidak seperti ban tubeless yang punya indikator masa keausan, yaitu simbol TWI (tread wear indicator). Tanda SWI berupa segitiga yang tertera di sisi ban dan juga pada tonjolan pada sela-sela pola, yang menunjukkan batas keausan kembang ban. ban tubeless jika keausan tapak ban luar sudah mencapai tanda yang tertera, sebaiknya ban segera diganti.

 Tidak ada batas waktu untuk mengganti ban dalam. Namun, untuk mengetahui apakah kondisi ban dalam masih layak digunakan atau tidak, coba Anda ingat-ingat, sudah berapa kali Anda menambal ban dalam. Jika banyak tambalan putaran roda menjadi tidak seimbang Permukaan ban juga menjadi tidak rata tambalan bisa kembali bocor .Sebaiknya, ganti ban dalam jika sudah terlalu banyak tambalan.

Ban luar yang bukan ban tubeless jika tapak ban sudah tipis sebaiknya diganti karena bisa membahayakan jika berkendara di jalan basah dan hujan .dan lagi jika tetap memaksakan ban luar yang tapaknya tipis jika kena paku ban luar bisa robek dan juga ban dalam ikutan robek jadinya kedua –duanya diganti seharusnya ban luar diganti ban dalam juga.

 Jangan membiarkan ban dalam keadaan kempes segera mengecek kondisi ban dalam anda .Ban yang kempes bisa menyebabkan pentil rusak akibat ban luar menarik ban dalam saat roda berputar. posisi pentil miring dan bisa merusak ban dalam jangan tunda-tunda jika kempes segera diisi angin ya agar ban lebih awet .

 Untuk masalah kenalpot motor 4 tak yang mengeluarkan asap

Pastinya anda sering melihat knalpot sepeda motor yang mengeluarkan asap tebal. Sudah seperti fogging aja ya pastinya sangat mengganggu apalagi motor yang mengeluarkan asap tebal itu kendaraan yang kita gunakan. Jika terjadi Asap tebal pada knalpot ada masalah pada sepeda motor Anda.

Sebenarnya motor 4 tak tidak megeluarkan asap berwarna hitam, atau putih Apabila sampai mengeluarkan asap, berarti motor tersebut mengalami masalah pada mesin. Yang menyebabkan motor 4 tak mengeluarkan asap oli masuk ke dalam ruang pembakaran mesin . itu tidak bakalan terjadi apabila anda rajin dengan proses servis, serta ganti oli.

penyebab lainnya knalpot mengeluarkan asap tebal karena ring piston yang sudah tua dan tidak presisi lagi dengan komponen linier. Karena itu, perlu dilakukan pergantian dengan yang baru, Selain itu, knalpot mengeluarkan asap juga bisa ditimbulkan karena seal klep telah bocor. Seal klep dapat bocor, karena seal tidak elastis lagi. Penyebab selanjutnya, knalpot mengeluarkan asap adalah karena oli yang berhasil masuk dari celah-celah dinding linier yang tergores. Oli akan masuk ke dalam ruang bakar, sehingga akan memunculkan asap pada knalpot.

Disarankan juga jangan memakai kenalpot abal-abal , biasanya banyak yang mengganti kenalpot bawaan dari pabrikan diganti dengan kenalpot abal-abal atau kenalpot bawaan pabrikan di buat mengeluarkan suara bising dengan di modifikasi ke bengkel las karbit. Kerugiannya tenaga yang dihasilkan mesin dengan knalpot abal-abal justru lebih rendah.

Terjadi karena tidak ada penghitungan yang tepat berapa banyak gas buang yang keluar. Untuk bisa menghasilkan suara yang besar, biasanya knalpot tidak dilengkapi dengan peredam suara , maka bensin akan terbakar sia-sia, tanpa ada tambahan tenaga. Itu semua tidak akan terjadi jika knalpot yang digunakan dibuat oleh perusahaan yang memang profesional dalam hal pembuatan knalpot.

 BACA JUGA : transaksi-online-dengan-rekber sejarah-belanja keuntungan-shopping-online yuk-kita-mengikuti-lelang olahraga-motorcross-dapat-melatih-mental-anak fungsi-dan-cara-kerja-piston tips-dan-trik-mengatasi-motor-mogok-mendadak tips-dan-trik-aman-menerbangkan-drone rc-drone-tips-mainan jenis-fungsi-dan-spesifikasi-rc-drone manfaat-drone-bagi-kehidupan senjata-tercanggih-masa-depan cangkok-kepala-pertama-di-dunia kegunaan-musik-bagi-kesehatan-kita olahraga-yang-sangat-digemari-dunia yuk-kita-lihat-alat-untuk-diagnosa-penyakit dompet-jangan-letakkan-disaku-belakang-celana efek-mengkonsumsi-kopi inilah-bahaya-tidur-setelah-makan khasiat-bahan-dapur-sebagai-obat makanan-bagi-kesehatan-usus efek-gejala-dan-mengatasi-penyakit-parkinson ketahui-tanda-tanda-seseorang-bunuh-diri buah-buahan-ini-dapat-membentuk-otot tips-cara-sehatkan-jantung makanan-yang-berguna-bagi-kesehatan-mata anda-ambeien-dan-ketiak-bau-atasi-dengan-jeruk-nipis radiasi-smartphone-mempengaruhi-kesehatan 1000-bahaya-menggunakan-sandal-jepit alat-kesehatan-canggih-bisa-temukan-pembuluh-darah yuk-kita-lihat-alat-untuk-diagnosa-penyakit jenis-dan-fungsi-spuit-atau-alat-suntik 1000-tips-menjaga-paru-paru-sehat-selalu gigi-kuning-ingin-putih-atasi-dengan-kulit-jeruk


Artikel Terkait

Viewer : 83 User: